-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dinsos Indramayu Fasilitasi Pelatihan Kewirausahaan Bagi Lansia

    Sabtu, 13 Agustus 2022, Agustus 13, 2022 WIB Last Updated 2022-08-13T01:45:11Z

    Ads:




    INDRAMAYU, indometro.Id -- Kepedulian Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar dalam membantu pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat tertuang dalam berbagai program. Berbagai program ini tersebar dan dilaksanakan oleh beberapa perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Indramayu.


    Salah satunya program yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Indramayu. Dinsos Indramayu memfasilitasi pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dalam kegiatan  bimbingan sosial dan keterampilan bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Kali ini, pelatihan yang dilaksanakan adalah produksi telur asin.


    Dikatakan Kepala Dinsos Kabupaten Indramayu Sri Wulaningsih melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Atu Ika Putri, kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan bagi PPKS dilaksanakan di Desa Dukuh Jeruk dan Desa Mundu Kecamatan Karangampel. 


    Untuk pelatihan di Desa Dukuh Jeruk dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2022. Sedangkan pelatihan di Desa Mundu dilaksanakan pada 12 Agustus 2022.


    Dijelaskan Atu, peserta pelatihan dari kedua desa di wilayah Kecamatan Karangampel terdiri dari 50 warga lansia. Tujuan diadakannya kegiatan bimbingan sosial dan keterampilan bagi PKKS ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup warga usia lanjut.


    “Kegiatan ini bertujuan agar kedepannya produk telur asin yang dihasilkan bisa mengangkat perekonomian masyarakat setempat,” katanya kepada Diskominfo Indramayu, Jum’at (12/8/2022).


    Menurutnya, dipilihnya keterampilan membuat telur asin karena dianggap mudah untuk dilaksanakan, bernilai tinggi dan mudah untuk memasarkannya, bahkan sudah dipasarkan ke luar negeri. Masih menurut Atu, pelatihan tersebut disambut baik para lansia yang begitu antusias untuk mengikuti kegiatan hingga selesai.


    “Para lansia antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan sebagai sarana untuk mengasah keterampilannya dalam membuat telor asin, karena usaha telor asin sudah ada yang sampai ekspor,” tambahnya.


    Diharapkan Atu, para lansia di Kecamatan Karangampel semakin produktif dalam meningkatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya melalui usaha telor asin. Selain itu Atu juga berharap para peserta selalu sehat dan tetap produktif menjalankan aktivitasnya.


    “Harapan dari kegiatan ini, warga lanjut usia dapat mandiri sehingga lanjut usia terus sehat, kuat, semangat dan produktif dalam bermasyarakat,” harapannya. 


    Kepada para peserta Atu mengungkapkan, sudah sepatutnya para peserta pelatihan berterima kasih kepada Bupati Nina Agustina yang sangat memperhatikan kesejahteraan warganya melalui peluncuran berbagai program yang berpihak kepada masyarakat.


    “Ibu-ibu patut bersyukur dan berterima kasih kepada Ibu Bupati yang begitu peduli kepada warganya. Semoga dengan pelatihan ini, masyarakat dapat lebih sejahtera dan misi Indramayu Bermartabat dapat segera terwujud,” pungkasnya 



    (Heri) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini