-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Kiat Agar Blog Jadi Penghasilan Rutin

redaksi
Jumat, 22 Juli 2022, Juli 22, 2022 WIB Last Updated 2022-07-22T15:17:36Z
iklan disini :




Saat ini, ribuan orang sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog. Meskipun butuh waktu, prosesnya tidak terlalu sulit dan ada banyak cara untuk melakukannya. Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menghasilkan uang dari blog. 

Sebelum Anda ke inti dari pembahasan belajar cara mendapatkan uang dari blog, Anda perlu menyelesaikan beberapa langkah.

Pilih Niche

Memiliki niche berarti bahwa blog Anda akan fokus pada minat tertentu daripada beberapa topik. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa langkah ini diperlukan. Apakah orang tersandung ke blog Anda melalui mesin pencari atau menemukannya karena minat bersama, mereka tetap di blog Anda untuk konten.

Jadi jangan coba-coba menulis tentang berbagai hal berbeda, karena hanya akan memberi pengaruh buruk terhadap trafik Anda.

Dengan menjadi konsisten, pengunjung akan mengetahui hal apa yang bisa didapatkan dan akan terus mengunjungi situs Anda. Mereka bahkan cenderung untuk membagikan posting Anda ke media sosial mereka – yang mana aklan menambah dorongan untuk trafik Anda!

Jika Anda tidak yakin tentang niche mana yang paling cocok, tips ini mungkin membantu:

  • Pilih niche yang Anda sukai sebagai inspirasi menulis – Anda tidak akan kehabisan ide ketika menuliskan tentang hal yang Anda sukai.
  • Kenali audiens Anda dengan baik – mengatur tone dan diksi yang cocok akan membantu Anda agar terlihat lebih menarik bagi pembaca
  • Pastikan ada pasar yang cukup besar untuk niche Anda – pilih salah satu niche yang dicari oleh kebanyakan orang sehingga blog Anda bisa bertahan dalam jangka panjang

Niche yang tepat akan  menghasilkan uang dari blog dengan lebih cepat.

Pilih Nama Domain                                              

Selain nichenama domain juga akan menentukan identitas blog Anda.

Cara paling efektif untuk register dan beli domain terbaik adalah dengan memastikan bahwa namanya sesuai dengan niche yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda membuat blog tentang fashion, Anda pastinya akan memilih nama yang bisa menjelaskan isi blog Anda secara keseluruhan seperti www.mydailyfashion.com.

Selain itu, nama domain dengan keyword yang paling banyak dicari akan membantu meningkatkan peringkat blog Anda di mesin pencari.

Jangan lupa untuk meluangkan waktu danmemberikan usaha demi memilih nama domain. Jika bingung, Anda dapat menggunakan generator nama domain yang tersedia sebagai referensi ide nama domain.

Buat Blog

Setelah Anda memantapkan pilihan niche dan nama domain, sekarang saatnya untuk membuat blog.

Anda memerlukan dua hal utama untuk mrnghasilkan uang dari blog: web hosting dan platform blogging.

Ada beberapa jenis hosting yang dapat dipilih. Jika Anda baru saja membuat blog, kami sarankan untuk menggunakan layanan shared hosting kami, sebagaimana layanan shared hosting adalah yang paling ramah untuk pemula. Ditambah lagi, Anda akan mendapatkan domain gratis jika Anda membelinya untuk jangka waktu 12 bulan.

MEngenai platform blogging apa yang harus Anda gunakan, WordPress adalah jawaban yang plaing tepat. WordPress adalah CMS (Sistem Manajemen Konten) terpopuler yang lumayan sulit untuk dipelajari tetapi menawarkan fungsionalitas yang begitu luas.

 

Buat Konten yang Menarik

Sekarang setelah Anda mengerti tentang cara

membuat blog, langkah selanjutnya adalah mengisinya dengan konten yang menarik. Agar pembaca tetap merasa terlibat, Anda harus menjaga kualitas dan kuantitas posting blog.

Hal tersebut memang agak rumit. Itu sebabnya kami memiliki daftar apa yang dapat Anda lakukan agar berhasil membuat konten yang menarik.

  • Cari inspirasi – cari tahu tentang artikel seperti apa yang berhasil dari sisi pesaing Anda dan cobalah untuk membuat posting dengan wawasan yang lebih baik
  • Cari tahu format mana yang paling berhasil – misalnya, cobalah membuat posting seperti “Cara Melakukan Sesuatu dalam X Menit”. Melibatkan judul dan konten yang terstruktur dengan baik sangat lah penting.
  • Susun struktur tulisan Anda dengan benar – jangan membuat kesalahan tata bahasa, sejajarkan subtitle dan paragraf Anda, jangan menulis kalimat yang panjang, dan sebagainya
  • Gunakan alat bantu visual yang menyenangkan – gambar dan video yang indah dapat dengan mudah menarik lebih banyak pembaca
  • Selalu mengoreksi – melihat lagi tulisan Anda atau mencari bantuan lain untuk mencari kesalahan apa pun

Libatkan Pembaca Anda

Pada akhirnya, pembaca lah yang memutuskan apakah blog Anda layak untuk dikunjungi.

Maka, ada sebuah fokus yang harus Anda perhatikan, yaitu membuat pembaca Anda merasa dianggap.

Pertama, buat mereka lebih aktif dengan menambahkan ‘call-to-action‘ ke dalam postingan Anda. Misalnya, ajak lah pengunjung Anda untuk memberikan komentar. Langkah ini akan memberi Anda kesempatan untuk terlibat dengan pengunjung blog dengan cara membalas komentar mereka – atau menyelesaikan masalah yang mereka miliki.

Cara lain untuk menarik perhatian pengunjung adalah dengan membuat artikel opini. Beberapa pembaca Anda mungkin tidak setuju dengan pandangan Anda, tetapi dengan begitu pintu diskusi akan terbuka – membuka peluang luas untuk keterlibatan audiens.

Mendapatkan Trafik

Semakin banyak traffic yang Anda miliki, semakin cepat Anda dapat menghasilkan uang dari blog. Banyak blogger di luar sana yang telah melakukan beberapa metode dalam menarik lebih banyak pembaca. Ikuti metode ini untuk mendapatkan lebih banyak traffic sehingga Anda dapat mulai mendapatkan uang sesegera mungkin.

SEO untuk Mendulang Trafik Organik

Kami telah menyebutkan SEO beberapa kali sebelumnya, tetapi sebenarnya, apa itu SEOSearch Engine Optimization merupakan praktik yang digunakan untuk membuat situs web Anda muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari.

Google memiliki algoritme sendiri yang mengatur situs mana yang pantas berada di urutan teratas dalam daftar. Meskipun tidak ada yang tahu bagaimana cara kerjanya, ada beberapa faktor yang dapat membantu Anda untuk berada di peringkat yang lebih baik.

  • Kinerja situs – seberapa cepat loading situs Anda, apakah gambar Anda dioptimalkan dengan benar, dll
  • Kualitas konten – panjang artikel Anda, panjang setiap kalimat dan paragraf, dll
  • Distribusi kata kunci – kepadatan kata kunci Anda, apakah Anda menggunakan kata kunci yang paling dicari, dll
  • Struktur situs – memiliki situs yang terstruktur dengan baik dapat membantu crawler menemukan semua informasi di blog Anda, terutama jika Anda memiliki sitemap
  • Link – ketika ada banyak situs relevan yang memuat link blog Anda, mesin pencari akan menganggapnya sebagai pertanda baik dan akan meningkatkan peringkat Anda

Iklan Berbayar

Jika cara organik SEO tidak memberi Anda peningkatan traffic yang dibutuhkan, mengapa tidak membayarnya? Dengan menggunakan iklan berbayar, Anda dapat menjalankan kampanye PPC (bayar per klik) yang menghasilkan banyak pengunjung ke blog Anda!

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Yah, ini mirip dengan iklan yang Anda lihat di TV tetapi ada sedikit perbedaan. Alih-alih membayar di depan, Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda.

Apa yang lebih baik, tidak ada rintangan – temukan layanan iklan, daftar, dan mulai beriklan!

Berikut adalah beberapa layanan iklan populer yang dapat Anda pilih.

  • Google Ads – selain dari peringkat SEO blog Anda, Anda dapat meningkatkan peringkat di Google dengan segera melalui program iklan ini
  • Iklan Berbayar Facebook – dengan begitu banyak orang di Facebook hari ini, Anda dapat mengubah media sosial yang terkenal menjadi sumber traffic Anda
  • Bing Ads – mengapa harus puas terpaku dengan satu mesin pencarisaja? Buat blog Anda muncul di Bing, Yahoo!, sekaligus AOL!
  • BlogAds – layanan iklan ini memungkinkan Anda menargetkan audiens target tertentu dan menampilkan iklan Anda di beragam jaringan (blog dan situs web)

Giveaway

Anda tahu apa yang selalu dikatakan oleh orang-orang – hal terbaik dalam hidup adalah barang gratis! Berikan audiens Anda beberapa hadiah kecil agar mereka akan mulai berdatangan ke blog Anda.

Giveaway itu sendiri adalah pemberian hadiah sebagai imbalan untuk kuis yang Anda berikan kepada pengunjung situs – baik dengan mempromosikan blog Anda, bergabung dengan buletin email mereka, dll.

Waktu terbaik untuk giveaway adalah saat liburan – seperti Natal atau Lebaran misalnya. Gunakan acara itu sebagai tema Anda, pilih hadiah yang cocok, tetapkan beberapa aturan, dan umumkan di media sosial Anda. Setelah itu, yang tersisa untuk dilakukan adalah memilih pemenang. Cukup mudah, bukan?

Namun, Anda akan membutuhkan biaya untuk membeli hadiah. Pertimbangkan faktor-faktor ini untuk memaksimalkan trafik yang akan Anda dapatkan dari giveaway Anda:

  • Hanya berikan barang yang terkait dengan niche Anda.
    Anda tidak ingin membingungkan audiens Anda, bukan? Jangan sampai memberikan hadiah konsol game di blog makanan Anda.
  • Nilai adalah raja
    Pastikan mereka sepadan dengan usaha yang dikerahkan. Barang-barang yang murah tidak akan menjaring banyak peminat.
  • Jangan membuat terlalu banyak aturan
    Beberapa audiens mungkin kehilangan minat begitu mereka melihat daftar panjang tentang apa yang harus mereka lakukan untuk mendapatkan hadioah
  • Promosikan, promosikan, dan terus promosikan!
    Karena blog Anda baru, Anda mungkin belum memiliki banyak pembaca. Anda harus melangkah lebih jauh dalam mengumumkan kontes. Anda bisa mengunakan tagar yang tepat, membagikan info konmtes Anda di 
    forum dan direktori kontes, beri tahu teman Anda untuk membantu mengumumkannya, dll

Giveaway adalah cara jitu untuk mendapatkan trafik dalam kecepatan sangat tinggi. Terlebih lagi, giveaway membuka cara untuk lebih banyak terlibat dengan audiens Anda.

Mungkin saja peserta giveaway akan pergi begitu saja setelah event Anda selesai. Namun, Anda dapat memastikan bahwa hal itu tidak perlu terjadi – lakukan follow-up, buat konten yang hebat, lebih banyak terlibat dengan pengunjung, dll.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Setelah Anda mendapatkan trafik yang cukup, saatnya mencoba cara mendapatkan uang dari internet melalui blog!

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Inilah beberapa cara terbaik!

1. Google AdSense

Sebelumnya, kami menyebutkan membayar iklan untuk mendapatkan traffic – sekarang, sebaliknya. Menempatkan iklan di blog Anda adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blog.

Google AdSense adalah program PPC (pay-per-click) yang mengharuskan Anda untuk mrnampilkan iklan di halaman situs. Ini adalah salah satu metode yang paling fleksibel karena Google menangani hampir semua hal terkait pengiklanan: iklan mana yang akan ditampilkan, proses penagihan, dll. Anda pun dapat menyesuaikan jenis iklan yang sesuai dengan blog Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah memasang iklan di blog Anda sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari blog.

  1. Darfatrkan akun di Google AdSense. Isi informasi Anda (URL Anda, alamat billing, dll)
  2. Masukkan kode verifikasi. Letakkan di antara <head> dan </head> dari setiap halaman yang Anda inginkan untuk menampilkan iklan. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menginstal plugin Ad Inserter. Buka Setting >> Ad Inserter dan klik pada simbol General Setting, buka tab Header, dan paste kode di sana
  3. Tunggu hingga akun Anda disetujui. Proses pendaftaran mungkin cepat, tetapi Google butuh hingga tiga hari untuk memverifikasi akun Anda.
  4. Mulai buat iklan Anda. Setelah akun Anda diverifikasi, Anda akan memiliki akses ke dashboard Adsense. Buka My Ads >> New ad unit dan kustomisasikan iklan Anda – nama, ukuran, dan jenis iklan.
  5. Salin-tempel kode iklan Anda ke blog Anda. Anda dapat melakukannya secara manual dengan menavigasi ke Appearance >> Widgets dan menambahkan Custom HTML. Tempatkan widget ke bagian mana saja dan tempel kode Anda di sana. Atau, Anda dapat menggunakan plugin Ad Inserter untuk itu. Pastikan untuk menempatkan iklan Anda di tempat audiens Anda dapat melihatnya segera.

Sekarang iklan akan muncul di blog Anda, saatnya menunggu agar mendapatkan cukup klik. Cepat atau lambat, Anda akan mencapai jumlah minimum (100 USD) dan Anda akan dibayar pada akhir bulan.

Keuntungan:

  • Prosesnya mudah
  • Tidak diperlukan langkah lebih lanjut setelah pengaturan

Kerugian:

  • Kustomisasi dan penempatan yang buruk dapat mengurangi trafik Anda
  • Butuh beberapa saat bagi blog baru untuk menerima pembayaran

2. Konten yang Disponsori

Jika blog Anda memiliki banyak traffic, akan ada sponsor yang ingin berbisnis dengan Anda. Ini adalah cara yang fantastis untuk menghasilkan uang dari blogging.

Pada dasarnya, Anda dibayar oleh sponsor Anda (mis. Perusahaan) untuk menerbitkan artikel. Apa untungnya bagi perusahaan tersebut? Jenis-jenis artikel dirancang untuk membantu perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan – baik dalam bentuk ulasan, pengumuman produk baru, penjualan, dll.

Jadi, siapa yang akan menulis artikel? Itu tergantung pada persetujuan Anda dengan sponsor Anda. Jika mereka ingin membuat Anda bertanggung jawab atas pembuatan konten, Anda mungkin ingin menagih lebih banyak untuk mereka.

Mari kita lihat langkah-langkah ini untuk menggunakan konten yang disponsori untuk menghasilkan uang dari blogging.

  1. Buat laporan analisis di blog Anda. Jika Anda mengharapkan perusahaan membayar Anda, maka mereka akan mengharapkan hasil. Tunjukkan pada mereka seberapa baik kinerja blog Anda – penghitungan tampilan halaman, rasio pentalan, dll.
  2. Tawarkan layanan Anda ke bisnis lokal. Untuk pemula, kami sarankan Anda membangun portofolio sebelum menawarkannya ke perusahaan besar. Atau, Anda dapat menemukan pelanggan potensial di situs-situs pasar sponsor seperti Cooperatize dan Tomoson. Pastikan untuk mencocokkan sponsor dengan niche Anda.
  3. Negosiasikan harga Anda. Anda dapat menggunakan laporan untuk menentukan biaya Anda. Juga, berdasarkan angka pada tingkat keahlian Anda, jumlah usaha yang dilakukan untuk menyempurnakan desain blog Anda, dan apakah Anda bertanggung jawab atas pembuatan konten atau tidak.
  4. Publikasikan pos yang disponsori. Jika Anda berada di Amerika, undang-undang mengharuskan Anda untuk menyatakan bahwa Anda menulis sponsored post. Pastikan juga untuk mencocokkan tone dan gaya artikel dengan milik Anda.

Nah, semakin banyak Anda melakukan ini, semakin cepat Anda dapat mengambil perusahaan yang bersedia membayar lebih banyak. Meskipun, Anda mungkin ingin menunggu sebelum menerbitkan posting bersponsor yang lain – berlebihan dapat mengurangi traffic Anda. Konten bersponsor adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang cukup diminati.

Kelebihan:

  • Ini adalah iklan yang lebih alami daripada AdSense
  • Anda bisa mendapatkan kredibilitas di sepanjang jalan

Kekurangan:

  • Pos yang disponsori berturut-turut dapat mengusir pengunjung Anda
  • Memutuskan harga bisa sulit

3. Affiliate Marketing


Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog terpopuler.

Metode ini sangat mirip dengan sponsored comtemt. Anda hanya perlu menulis artikel yang akan menguntungkan bisnis mitra Anda.

Namun, ada sedikit perbedaan – alih-alih biaya yang dinegosiasikan, Anda dibayar melalui jumlah klik atau penjualan yang dilakukan melalui link afiliasi.

Berikut ini adalah cara melakukannya:

  1. Pilih program afiliasi. Ada banyak program populer seperti ShareASaleeBay PartnersShopify Affiliate Program, dan lain sebagainya. Plus, Anda juga dapat mempertimbangkan Program Afiliasi Hostinger di mana Anda bisa mendapatkan 60% komisi untuk setiap penjualan.
  2. Arahkan pembaca Anda untuk mengklik link afiliasi Anda. Tulis ulasan yang meyakinkan tentang suatu produk atau jasa. Semakin banyak klik yang Anda peroleh, semakin banyak yang akan Anda dapatkan. Selain itu, pastikan untuk transparan – katakan bahwa ini adalah pos afiliasi. Kepercayaan memainkan peran penting dalam pemasaran afiliasi.
  3. Kembangkan buletin email Anda. Anda dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dengan secara pribadi mengirimkan konten ke kotak masuk mereka. Ini adalah solusi efektif untuk mendapatkan banyak klik.
  4. Prioritaskan audiens Anda. Jika memungkinkan, Anda harus mencoba produk secara langsung. Jika Anda tidak menyukainya, audiens Anda mungkin juga tidak. Membanggakan produk-produk berkualitas buruk akan merusak reputasi blog Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah memastikan lini produk sesuai dengan niche Anda untuk menjaga merek Anda tetap utuh. Juga, ada plugin yang berguna yang dapat membuat seluruh proses menjadi mudah seperti ThristyAffiliates dan AffiliateWP.

Kelebihan:                                                            

  • Harga tetap untuk komisi
  • Banyak program pemasaran afiliasi yang tersedia

Kekurangan:

  • Audiens Anda tidak dijamin mengklik atau membeli
  • Sulit untuk menumbuhkan basis pelanggan

4. Amazon Affiliate


Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blogging dengan affiliate marketing, cobalah salah satu program afiliasi paling populer – Amazon Associates.

Untuk menghasilkan uang dengan blogging, Anda hanya perlu mengiklankan produk dari situs ini dengan menggunakan link afiliasi. Untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui limk Anda, Anda akan mendapatkan biaya referensi.

Yang menarik dari program afiliasi Amazon ini adalah, setiap kategori produk memiliki jumlah biaya yang berbeda. Jika Anda berencana untuk menggunakan Amazon Affiliate sejak awal, yang terbaikyang perlu dilakukan adalah mengatur niche Anda berdasarkan tarif tetap tertinggi.

Selain itu, mereka Amazon Affiliate beberapa program khusus yang hanya memerlukan pendaftaran uji coba gratis agar Anda mendapatkan komisi – Kindle Unlimited, Prime Pantry, Amazon FreeTime, dan banyak lagi.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mulai mendapatkan komisi dari Amazon Associates.

  1. Mendaftar di Amazon Associates. Prosesnya gratis, mudah, dan tidak menghabiskan banyak waktu Anda.
  2. Siapkan profil Anda. Isi kredensial akun Anda. Klik “New Customer” dan masukkan informasi Anda seperti nama, alamat, nomor telepon, cara Anda menarik pengunjung, metode pembayaran, dll.
  3. Dapatkan tautan afiliasi Anda. Setelah Anda berhasil membuat profil, cari produk dan klik “Get Link”. Anda dapat membuat beberapa perubahan yang diperlukan di sini – jenis iklan, ukuran, warna, dll.
  4. Salin-tempel link ke blog Anda. Anda bisa meletakkannya di sidebar, di artikel, di header, dan sebagainya.

Amazon Affiliate adalah salah satu program afiliasi terbaik di luar sana. Jika Anda ingin membuat ulasan atau meyakinkan pengunjung untuk membeli suatu produk, Anda tidak akan kewalahan.

Kelebihan:

  • Banyak sekali koleksi produk yang tersedia
  • Program ini adalah affiliate marketing yang paling populer

Kekurangan:

  • Komisi lebih rendah daripada program afiliasi lainnya
  • Penghasilan Anda untuk suatu produk akan batal jika pelanggan membutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk membelinya

5. Produk Digital


Jika Anda memiliki bakat untuk berwirausaha, mengapa tidak mencoba untuk menjual produk Anda sendiri? Hal ini merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari blog!

Namun, pilihan ini mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak usaha. Anda harus menangani banyak hal jika memilik cara ini – melakukan pengiriman, pengisian ulang, pengemasan, dan sebagainya. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir bila Anda menjual produk digital.

Biasanya, menjual produk digital membutuhkan lebih sedikit staf, Anda tidak akan kehabisan stok, dan Anda dapat mengirimkan produk dengan cepat. Bukankah menggiurkan?

Terlebih lagi, ada banyak jenis produk digital yang dapat Anda pilih – mulai dari ebook, fotografi, karya seni, musik, hingga software dan bahkan kursus online.

Lantas, bagaimana cara menjual produk digital? Lihatlah langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tentukan apa yang akan dijual. Lakukan riset di pasar untuk melihat apa yang paling laku terjual – dan cari tahu kisaran harganya. Pada saat yang sama, pastikan bahwa yang akan dijual adalah keahlian atau niche Anda.
  2. Manfaatkan plugin yang cocok. Plugin WooCommerce yang sudah ahli dalam bidang perniagaan online akan pas untuk kebutuhan Anda.
  3. Mulai menjual. Tampilkan produk Anda dalam format yang menarik seperti listikal atau how-to. Jangan lupa untuk menulis tulisan yang menarik di deskripsi produk.
  4. Lakukan tindak lanjut. Buat respons otomatis setelah setiap pembelian untuk meminta ulasan dan peringkat dari para pelanggan.

Menjual produk digital adalah cara menghasilkan uang dari blog yang cepat dan tidak ribet. Namun, kesulitannya mungkin pada produksi barang. Jika Anda tidak tahu cara membuat sesuatu, pertimbangkan lah untuk menjual produk orang lain.

Ada beberapa merchant yang bersedia memberi Anda diskon untuk menjual barang-barang mereka, dan Anda bisa menaikkan harganya – sesuai kondisi masing-masing merchant. Namun, cara ini tidak semenguntungkan seperti menjual produk Anda sendiri.

Kelebihan:

  • Biasanya lebih menguntungkan daripada metode lain
  • Dapat dilakukan berulang kali

Kekurangan:

  • Produk berkualitas bagus sulit didapat
  • Menjadi reseller tidak menghasilkan banyak uang

6. Situs Membership


Situs membership adalah cara mendapatkan uang dari blog yang cukup menggiurkan.

Bayangkan saja Netflix – Anda harus membayar setiap bulan jika Anda ingin terus menonton tayangan dari platform streaming berbayar ini.

Itulah yang dimaksud dengan situs membership! Bahkan beberapa penjualan saja masih dapat menghasilkan pendapatan reguler untuk Anda.

Terlebih lagi, Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang trafik. Setelah audiens membayar layanan Anda, mereka akan selalu mengunjungi situs Anda secara teratur. Menarik, bukan?

Juga, ada berbagai bidang yang dapat Anda pilih untuk blog keanggotaan Anda seperti layanan streaming, berlangganan perangkat lunak, forum premium, dan banyak lagi.

Membuatnya mudah – hanya membutuhkan plugin dan beberapa pengaturan, dan Anda pun akan siap!

  1. Instal plugin S2member. Ini adalah plugin gratis dengan fungsionalitas hebat dan kustomisasi mendalam yang memungkinkan Anda membuat dan mengatur situs keanggotaan.
  2. Siapkan situs keanggotaan. Dari dasbor Anda, buka  S2member -> General Options. Buka setiap tab dan lakukan penyesuaian yang diperlukan.
  3. Pastikan semuanya sesuai standar. Melalui interface plugin, masukkan e-mail dan metode pembayaran, buat halaman yang diperlukan, atur berbagai tingkat keanggotaan, dan sebagainya.
  4. Terus perbarui situs Anda dengan konten segar. Jika tidak, anggota Anda dapat membatalkan membership-nya kapan saja.

Setelah Anda membuat situs membership, pastikan untuk berinvestasi banyak dalam pemasaran. Untuk pengguna Anda, gagasan memiliki pengeluaran bulanan bisa menjadi komitmen besar. Anda harus meyakinkan mereka bahwa layanan Anda akan bernilai investasi mereka.

Kelebihan:

  • Terima penghasilan bulanan untuk setiap penjualan
  • Pengunjung yang selalu datang akan menjamin aliran trafik Anda

Kekurangan:

  • Membuat konten segar dan premium mungkin sulit dilakukan
  • Marketingnya akan menjadi suatu tantangan

7. Penulis Lepas


Setelah blogging untuk waktu yang cukup lama, Anda mungkin sudah memiliki portofolio yang cukup untuk membuat orang memercayakan proyeknya pada Anda. Freelancing adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blogging.

Selain itu, ada permintaan besar untuk penulis lepas – setiap bisnis membutuhkan konten untuk mempertahankan digital presence perusahaan. Jadi, cobalah untuk memberikan tulisan terbaik Anda.

Inilah langkah-langkah yang dapat Anda mulai.

  1. Kumpulkan sampel tulisan terbaik Anda. Melihat adalah percaya. Portofolio yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan peluang Anda untuk direkrut.
  2. Siapkan halaman sewa saya di blog Anda. Jadikan diri Anda dikenal oleh dunia yang siap Anda pekerjakan. Masukkan beberapa informasi seperti pengalaman menulis Anda, topik apa yang Anda kuasai, dan sebagainya.
  3. Perluas kesempatan Anda. Ada banyak cara untuk mengatasi ini – membuat posting di papan pekerjaan, bertanya langsung ke bisnis lokal, pergi ke forum, dan banyak lagi.
  4. Bernegosiasi dan mulai menulis. Tentukan harga, batas waktu, dan kondisi terkait lainnya. Kemudian, berikan yang terbaik untuk menghasilkan konten dengan kualitas terbaik. Pelanggan yang puas sama dengan uang yang baik!

Menjadi penulis lepas merupakan pilihan yang bagus terutama ketika Anda suka menulis. Namun, reputasi yang baik tidak dapat dibangun hanya dalam waktu satu malam saja. Mungkin perlu beberapa saat sebelum perusahaan memperhatikan Anda dan tentunya dibutuhkan dedikasi tinggi untuk menuju kesuksesan.

Kelebihan:

  • Pekerjaannya tidak terlalu berbeda dengan blogging
  • Banyak cara mencari proyek penulisan

Kekurangan:

  • Sulit untuk mendapatkan reputasi yang baik
  • Beban kerja yang banyak dan tenggat waktu yang mepet

8. Tutor Online


Beri audiens Anda dengan membagikan apa yang Anda ketahui. Bukan hanya itu pekerjaan yang mulia, tetapi Anda juga akan memperluas jaringan Anda.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk terlibat dengan pembaca Anda selain dengan menunjukkan kepada mereka cara mengatasi masalah mereka – plus, Anda akan dibayar!

Lihatlah bagaimana mulai menawarkan layanan tutor di blog Anda.

  1. Instal plugin Tutor. Ini adalah plugin LMS (Learning Management System) utama yang memungkinkan Anda membuat situs bimbingan belajar tanpa kesulitan.
  2. Siapkan situs tutor Anda. Tentukan mata pelajaran mana yang ingin Anda ajarkan, harga, dan bentuk materi apa yang ingin Anda gunakan. Menggunakan Tutor, Anda dapat memasukkan pelajaran video, kuis, pelacakan kemajuan, dan banyak lagi lainnya.
  3. Buat rancangan kurikulum. Ada bahan untuk setiap mata pelajaran dan kelas. Pastikan itu direncanakan dengan baik dan benar-benar dapat membantu siswa mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah.
  4. Finalisasi pengaturan. Sangat penting untuk membuat setiap kursus materi siap sebelum Anda menunjukkannya kepada dunia. Luangkan waktu Anda dan pastikan semuanya sesuai standar.
  5. Luncurkan situs Anda. Buka forum yang relevan dan iklankan layanan Anda. Pertimbangkan berkolaborasi dengan tutor lain untuk mengajar di situs Anda.

Mungkin butuh kerja keras untuk menyiapkan bahan ajar. Tetapi, jika kursus Anda mudah dimengerti dan mencakup semua pangkalan, siswa akan berbaris untuk belajar dari Anda. Secara keseluruhan, les adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang dari blogging.

Kelebihan:

  • Ini cara yang bagus untuk menumbuhkan jaringan Anda
  • Ini memberikan arus traffic dan keterlibatan yang baik

Kekurangan:

  • Menyiapkan kurikulum membutuhkan waktu lama
  • Hanya mereka yang berpengetahuan yang bisa melakukannya

9. Podcast Advertising


Jika Anda merasa lebih cocok sebagai seorang pembicara daripada seorang penulis, menjadi seorang podcast advertiser akan sangat pas untuk Anda.

Ada beberapa keunggulan podcast dibandingkan tulisan konvensional. Pertama, orang akan bergantung pada setiap kata yang mereka dengarkan – tanpa membaca cepat atau membaca cepat. Kedua, mereka akan selalu punya waktu untuk mendengarkan podcast, baik saat memasak, bepergian, dll. Dengan begitu, podcast menjadi alternatif yang lebih baik untuk mengiklankan produk.

Lalu, bagaimana dengan pemasukan Anda? Anda akan dibayar oleh perusahaan untuk setiap 1.000 pemirsa yang mendengarkan podcast Anda – ini disebut CPM (cost-per-millie).

Menurut AdvertiseCast, CPM rata-rata untuk iklan podcast pada tahun 2019 adalah 18 USD untuk iklan 30 detik dan 25 USD untuk iklan 60 detik.

Tertarik melakukan iklan podcast? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara mendapatkan uang dari blog dengan podcast.

  1. Buat portofolio podcast Anda. Buat banyak podcast yang menarik terlebih dahulu dan gunakan untuk membuat kagum pelanggan potensial Anda.
  2. Umumkan bahwa Anda menawarkan iklan podcast. Beri tahu publik bahwa Anda memiliki jasa podcast ads, minta pendengar Anda untuk menggunakan jasa Anda, dll.
  3. Lakukan cold pitching. Jika Anda yakin dengan jumlah pendengar Anda, Anda dapat menghubungi beberapa perusahaan untuk mengetahui apakah mereka ingin beriklan di podcast Anda.

Kredibilitas berperan penting dalam podcast ads – itulah mengapa Anda harus menunjukkan kualitas terbaik!

Namun, podcast berkualitas mengharuskan Anda untuk memiliki keterampilan mengedit suara yang sangat baik dan juga memiliki peralatan berkualitas baik yang tentunya tidak murah. Jadi, jika Anda ingin menghasilkan uang dari blogging melalui podcast, Anda perlu memutuskan apakah Anda tidak keberatan berinvestasi pada perlengkapan yang tidak murah.

Kelebihan:

  • Podcast adalah media yang lebih baik untuk beriklan
  • Orang-orang dapat mendengarkan podcast di mana saja, dan kapan saja

Kekurangan:

  • Membutuhkan keterampilan teknis
  • Peralatan yang bagus akan memakan biaya

10. RSS Advertising


RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication – blogger menggunakannya untuk mendistribusikan konten mereka kepada pembaca melalui sebuah laynan berlangganan.

Jika Anda berlangganan banyak blog, Anda dapat tetap terhubung dengan postingan terbaru mereka sekaligus dengan menggunakan RSS reader. Terdengar nyaman, bukan?

Yang menarik adalah RSS juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang dari blog melalui ad placement. Konsep ini mirip dengan Google AdSense – Anda dibayar untuk setiap klik yang dilakukan.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghasilkan uang melalui RSS advertising.

  1. Tampilkan tombol RSS di blog Anda. Ini dapat membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan. Semakin banyak dari mereka yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan banyak klik.
  2. Pilih sumber iklan Anda. Anda dapat memilih untuk menggunakan program periklanan pihak ketiga seperti Yahoo! Publisher Network atau gunakan iklan dari program pemasaran afiliasi Anda.
  3. Masukkan kode iklan di feed Anda. Biasanya, Anda perlu memodifikasi file inti untuk menempatkan iklan Anda. Di situlah plugin RSS Footer hadir. Ini memiliki fitur di mana Anda dapat meletakkan kode HTML di footer RSS.

Akhirnya, yang perlu Anda lakukan adalah terus memposting, maka konten sekaligus iklannya akan dikirimkan ke setiap subsciber. Bagaimana? Cara mendapatkan uang dari blog dengan RSS terasa menyenagkan, kan?

Namun, saat ini tidak banyak orang yang menggunakan RSS. Jadi, mendapatkan subscriber akan terasa lebih sulit.

Kelebihan:

  • Mudah diatur
  • Dapat menjangkau audiens yang lebih besar

Kekurangan:

  • RSS telah menurun popularitasnya
  • Mendapatkan pelanggan membutuhkan waktu

Kesimpulan

Berikut tadi hanyalah beberapa dari banyak cara menghasilkan uang dari blog. Walau begitu, adakah yang menarik hati Anda?

Ingat, masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pertimbangkan.

  1. Google AdSense – tidak sulit untuk menyiapkannya meskipun mungkin perlu beberapa saat untuk menerima pembayaran
  2. Sponsored Content – konten ini dapat berbaur dengan konten Anda sendiri sehingga tidak terlihat seperti iklan. Jangan terlalu sering menggunakan metode ini untuk menghindari penurunan trafik
  3. Affiliate Marketing – dibandingkan dengan sponsored content, affiliate marketing memberi Anda tarif tetap. Tetapi, Anda tidak dapat menjamin bahwa orang akan membeli produk yang Anda tawarkan
  4. Amazon Affiliate – memiliki beragam katalog tetapi memiliki tarif lebih rendah daripada afiliasi lainnya
  5. Produk Digital – Anda tidak akan pernah kehabisan stok tetapi produk digital yang baik akan lebih sulit untuk dibuat
  6. Situs Membership – bahkan satu penjualan yang terjadi dapat memberi Anda uang secara berkala, tetapi membuat konten baru membutuhkan banyak usaha
  7. Penulis Lepas – mudah untuk mengumpulkan portofolio tetapi tenggat waktunya bisa sangat menyesakkan
  8. Tutor – metode ini memberi Anda kesempatan untuk berkolaborasi dengan guru lain dan mengembangkan jaringan Anda. Namun, menyusun materi untuk setiap pelajaran tentunya tidak mudah
  9. Podcast Advertising – podcast advertising adalah metode yang dapat diandalkan untuk mendapatkan uang melalui iklan tetapi membutuhkan peralatan yang mahal dan keterampilan mengedit yang baik
  10. RSS Advertising – dapat menjangkau audiens yang lebih besar. Namun, saat ini tidak banyak yang masih menggunakan RSS

Sekarang saatnya untuk mencoba peruntungan Anda melalui blog. Semoga pembahasan kali ini dapat mendatangkan inspirasi untuk Anda. Selamat ngeblog!


Nah buat kamu yang ingin belajar ngeblog langsung bisa chat whatsapp : 085668249263

 Sumber : hostinger

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+