-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Jabatan Adalah Sebuah Amanah Dan Kepercayaan

    Minggu, 17 April 2022, April 17, 2022 WIB Last Updated 2022-04-30T16:23:44Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Penjabat Kepala Desa Paubekor,  Maria Nona Kesna

    Maumere, indometro.id- Jabatan adalah sebuah amanah, kepercayaan dan kehormatan. Untuk itu, kita wajib menjunjung tinggi amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada kita.

    Hal ini disampaikan Penjabat Kepala Desa Paubekor, Kecamatan Koting,  Kabupaten Sikka, Maria Nona Kesna, dalam keterangan pers yang diterima indometro.id, Sabtu, (16/4/2022).

    Ia dimintai tanggapan atas pelantikan dirinya sebagai Penjabat Kepala Desa Paubekor oleh Camat Koting, Yohanes Impirinus,S.Sos, di Aula Kantor Desa Koting B, Rabu, (13/4/2022).

    Sejak Selasa,  (29/3/2022), seluruh Kepala Desa di kecamatan Koting telah menyelesaikan masa jabatannya. Dan, menurut  ketentuan yang ada, dilakukan pengangkatan Penjabat Kepala Desa.

    Penjabat Kepala Desa adalah  Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat oleh Bupati untuk melaksanakan tugas, hak dan kewenangan Kepala Desa dalam kurun waktu tertentu. Dalam hal ini, Penjabat kepala Desa yang telah dilantik akan melaksanakan tugasnya sampai dengan pemilihan dan penetapan Kepala Desa yang baru.

    ‘Sebagai amanah, jabatan tersebut hanyalah sebuah titipan, suatu saat akan diambil kembali, atau akan berakhir, ungkapnya.

    Oleh sebab itu, menurutnya, seseorang yang menerima jabatabn harus bisa menunjukan sebagai orang yang dapat dipercaya, jujur, dan selaras antara apa yang diucapkan dengan tindakan yang dilakukan.

    Selain itu, jabatan juga sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat. Sehingga, harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, seseorang yang menerima jabatan harus mampu mengutamakan kepentingan publik ketimbang kepentingan pribadi.

    ‘Ini adalah sarana kita untuk mengabdi, dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Saya akan siap menjalankan tugas dan fungsi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Desa Paubekor’, ungkapnya lagi.
      
    Ia mengaku, bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah tiga kali diberi kepercayaan sebagai Penjabat Kepala Desa Paubekor 

    ‘Syukur Kepada Tuhan yang Maha Kuasa,  disamping pernah menjabat Sekretaris Desa dan Kepala Desa,  saya juga telah diberi kepercayaan sebagai Penjabat Kepala Desa sebanyak tiga kali’, lanjutnya.

    Dirinya, merupakan satu-satunya Kepala Desa di kecamatan Koting yang berstatus pegawai Negeri Sipil. Dan satu- satunya dari 6 mantan Kepala Desa masa bakhti 2016- 2022 yang kembali memimpin Desanya dalam kapasitas  sebagai Penjabat kepala Desa.

    Ketika ditanya, apa yang akan dilakukan setelah dilantik. Ia mengatakan, hal pertama adalah melaksanakan program yang belum terlaksana di tahun 2021. Kedua, mengawal program kegiatan pembangunan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan tahunan Desa.

    ‘Seperti saat ini, di tahun 2022, Desa Paubekor telah menyalurkan  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama, yakni bulan Januari, Februari dan Maret 2022 kepada 76 Kepala Keluarga penerima, maupun kegiatan yang masih menunggu pelaksanaan', bebernya.

    Baginya, yang menjadi prioritas adalah kesejahtaraan masyarakat. Peningkatan kesejahteraan masyarakat ini, dilakukan dengan mengandalkan pengelolaan potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam.

    ‘Misalnya pengelolaan potensi perkebunan dan pertanian. Di sektor perkebunan ada potensi kelapa, kakao, jambu mete dan sebagainya’, ujarnya. 

    Kemudian, guna mendukung ketahanan pangan, salah satunya, memberdayakan kelompok tani dalam pengembangan hortikultura. Mulai dari pengadaan bibit, pupuk, sarana produksi pertanaian, penyediaan lahan sampai pada peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Lapang.

    Program ketahanan pangan ini, selain untuk meningkatan ekonomi masyarakat, juga berkaitan dengan upaya pencegahan stunting. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak yang disebabkan oleh kekurangan gizi kronis. Berarti berbicara tentang stunting berkaitan erat dengan masalah pangan. 

    Ia menambahkan walaupun setahun terakhir Desa Paubekor  tidak memiliki angka stunting, pihaknya akan terus melakukan upaya pencegahan stunting baik dalam konteks  jangka pendek maupun jangka panjang.

    ‘Dalam konteks jangka pendek, seperti, pemeriksaan dan pemberian pil Fe bagi ibu hamil, PMT pencegahan dan lain-lain. Sedangkan dalam konteks jangka panjang, melalui peningkatan ketahanan pangan, sanitasi dan air bersih, ujarnya lagi.

    Untuk itu, ia mengajak, semua komponen masyarakat Desa Paubekor agar bekerjasama dan saling bergandengan tangan untuk membangun Desa Paubekor.

    Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan  selamat hari raya paskah, Minggu, (17/4/2022) kepada seluruh masyarakat Desa Paubekor dan kecamatan Koting. 

    'Khusus teman-teman Penjabat Kepala Desa,  Perangkat Desa, BPD dan pelayan publik lainnya,  semoga dengan semangat Paskah ini memperbaharui semangat pelayanan kita kepada masyarakat',  pungkasnya. (M/N)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini