Pelatihan dasar ekspor jangan hanya seremonial saja, Sebut Sekda Bener Meriah

Baca Juga

Bener Meriah, indometro.id -

Plt. Bupati Bener Meriah Dailami yang diwakili oleh Sekretaris daerah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka secara resmi pelatihan dasar ekspor (basic export training) di Aula Rembele Homestay, Kecamatan Bukit. Senin (29-11-2021)

Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si dalam arahannya menyampaikan, selayaknya kegiatan pelatihan dasar ekspor tersebut di buka langsung oleh Plt. Bupati Bener Meriah, karena ada tugas yang tidak dapat diwakilkan, “pak bupati titip salam kepada seluruh peserta dan panitia kegiatan kita hari ini, beliau tidak dapat hadir karena ada tugas lain yang tidak dapat diwakilkan, maka beliau meminta saya untuk membuka acara ini, ”terang Sekda.

Drs. Haili Yoga, M.Si meminta agar para peserta pelatihan dasar ekspor tersebut dapat mengikuti pelatiahn dengan baik, sehingga nantinya apa yang diperoleh dalam pelatihan yang digelar selama dua hari kedepan itu dapat di implementasikan di lapangan.

“Saya ingin kegiatan ini tidak hanya kegiatan seremonial saja, saya harapkan nantinya dari kegiatan ini ada eksekusinya. Saya nanti akan mengecek setiap para peserta terkait apa saja yang didapat dari pelatihan ini, sehingga kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial, tanpa ada hasil dari apa yang dilatih, ”pinta Sekda.

Sementara itu Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bener Meriah Abdul Khadir, ST.,MT dalam laporannya menyampaikan, Tujuan pelaksanaan, memberikan pengetahuan strategi dasar ekspor sehingga para pengusaha bisa memahami langkah - langkah yang akan ditempuh untuk mempersiapkan usahanya ke arah ekspor, munculnya eksportir tangguh dan mandiri dari Pelaku usaha industry maupun UMKM Kabupaten Bener Meriah sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah, dan Terciptanya lapangan kerja yang menyerap tenaga kerja menuju masyarakat yang adil dan makmur.

“Kegiatan ini dilaksanakan berkat kerjasama Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Bener Meriah melalui sumber anggaran Corporate Sosial Responsibility (CSR) Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah. Peserta kegiatan Pelatihan Dasar Ekspor ini diikuti sebanyak 20 orang yang berasal dari Pelaku usaha yang bergerak dibidang usaha industry maupun UMKM di Wilayah Kabupaten Bener Meriah. Kegiatan Pelatihan Dasar Ekspor ini dilaksanakan selam 2 (Dua) hari sejak tanggal 29 s/d 30 November 2021 yang bertempat di Aula Rembele Homestay,”terang Khadir.

Dia menerangkan hasil yang diharapkan dari Pelatihan Dasar Ekspor adalah, pengetahuan tentang cara memulai ekspor, proses kegiatan ekspor, informasi peluang pasar dan membuka jejaring dengan pelaku usaha lain untuk tujuan ekspor. Pelaku usaha dapat termotivasi untuk melakukan ekspor produk unggulan daerah Kabupaten Kabupaten Bener Meriah yang berbasis komoditi. Dapat memaksimalkan kegiatan ekspor sektor produk IKM dan UMKM untuk lebih berkontribusi dalam peningkatan perekonomian dan kesejahteraan daerah melalui kegiatan ekspor secara langsung/direct ekspor dari Kabupaten Bener Meriah.

Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Bener Meriah Zaki dalam kesempatan yang sama menyampaikan,  Bank Aceh Syariah dalam kegiatan menjembatani para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Bener Meriah, “Kami berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti ini para pelaku usaha bisa mengakses perbankan, ”terangnya.

Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama