Menuju SMK Pencetak Wirausaha Handal

Baca Juga




OKI, Indometro.id-

Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan pembinaan siswa SMK yang lebih berkualitas dan mampu menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.
Dibutuhkan sebuah kecakapan dan ketrampilan yang relevan yaitu kurikulum abad 21, yang meliputi siswa mampu berkomunikasi dan berkolaborasi, berfikir kritis dan memecahkan permasalahan, serta kreatif dan inovatif. 

Pada program kewirausahaan melalui Pameran Hasil Karya peserta didik, siswa SMK diharapkan tidak hanya cakap dalam bidang keahlian tetapi juga mampu mengomunikasikan hasil produk dan jasa kepada pengguna atau pasar dengan terus menyesuaikan perubahan teknologi digital.

Kepala UPT SMKN 1 OKI (SMKN 1 Kayuagung), Sutrisno mengatakan kalau kegiatan itu sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah melatih jiwa kewirausahaan siswa yang handal.

“ Melalui kegiatan Pameran Hasil Karya peserta didik ini, di harapkan mampu menjadikan Start Up Bisnis bagi siswa SMK, menuju SMK Pencetak Wirausaha.Sehingga akan terlatih untuk menjadi wirausahawan muda, melatih kemandirian, berani mengambil risiko, menjadi siswa yang kreatif, inovatif, serta mengaplikasikan dalam dunia usaha yang sesungguhnya,” ungkapnya

Dirinya menambahkan, Siswa SMK dituntut tidak hanya cakap dalam bidang kompetensi keahlian, namun harus mampu mengkomunikasikan hasil produk dan jasa kepada pengguna atau pasar dengan terus menyesuaikan perubahan teknologi digital. Siswa bukan hanya bisa bekerja di perusahaan, tetapi harus  bisa berwirausaha, membuat usaha sendiri.

" Melalui program kewirausahaan dan Pameran Hasil Karya peserta didik ini, mudah-mudahan ke depannya para siswa bisa menjadi pengusaha-pengusaha yang sukses. Kita tahu bahwa tujuan dari SMK bukan hanya bisa bekerja di perusahaan, tetapi juga harus bisa berwirausaha, dan membuat usaha sendiri,” harapnya

Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama