Program Rehabilitasi Sukses, Kalapas Kelas IIA Pekanbaru Resmi Tutup Program Rehabilitasi Sosial 2021



Pekanbaru
, indometro.id - 

Program Rehabilitasi Sosial bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tahun 2021 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru resmi ditutup, Jum'at(17 September 2021).

Acara penutupan dipimpin langsung Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Herry Suhasmin, dihadiri juga Pejabat Struktural, Konselor dan perwakilan dari Peserta Rehabilitasi, acara bertempat di Aula Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Meningkatnya kasus tindak pidana dan penyalahgunaan Narkotika, Kemenkumham Melalui Permenkumham No.12 Tahun 2017 mengamanatkan agar pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan narkotika mendapatkan layanan rehabilitasi narkotika pada UPT pemasyarakatan.

Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru Herry Suhasmin selaku pembina menyampaikan dalam sambutan," Saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada rekan kerja konselor adiksi serta pihak terkait yang ikuti menyukseskan terlaksananya program rehabilitasi sosial narkotika bagi warga binaan pemasyarakatan di Lapas Pekanbaru", Ucap Kalapas.

Dari 106 peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, diataranya rehabilitasi atau di sebut dengan residen terdiri dari 100 orang residen rehabilitasi sosial sedangkan 6 orang lagi untuk residen rehabilitasi medis.“Terima kasih kepada kalian yang kurang lebih selama enam bulan mengikuti kegiatan ini dengan baik,” ucap Herry Suhasmin.

Lagi dikatakannya, "Tanpa bantuan dan kerjasama dari teman-teman semua yang terlibat program rehabilitasi ini mungkin tidak dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal seperti saat ini," tambahnya.

“Pengukuran keberhasilan layanan ini menggunakan instrumen Indeks Kualitas Hidup atau WHO Quality of Life (WHO  QoL) yang dilaksanakan pada awal rehabilitasi, pada bulan ketiga dan bulan keenam menjalani rehabilitasi. Dari hasil rata-rata skor penilaian didapatkan peningkatan dari awal kegiatan hingga dibulan keenam atau akhir program rehabilitasi,” ungkap nya.

Rehabilitasi sosial ini kata dia, wujud komitmen Pihak Lapas dalam memberikan pelayanan yang PASTI dan Prima kepada warga binaan permasyarakatan.

“Kami berharap nantinya WBP bisa berubah perilakunya saat telah kembali ke masyarakat bagi yang telah selesai menjalani rehabilitasi. semoga apa yang telah kami laksanakan bersama bisa menjadi manfaat bagi para WBP,” tandas Herry Suhasmin.

Susunan acara penutupan
1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu indonesia raya
3. Yel2 peserta rehab
4. Kata sambutan dari ketua IKAI (Ikatan Konselor Adiksi Indonesia) Provinsi Riau
5. Kata sambutan kalapas pekanbaru
6. kata sambutan kepala bidang perawatan sekaligus menutup program rehabilitasi medis dan sosial
7. Menyanyikan lagu padamu negeri
8. Do'a

Dari pantauan awak media saat mengikuti acara sampai dengan selesai, kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, memakai masker serta mencuci tangan menggunakan handsanitizer.***(Hery Ferdian)

Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama