Basarnas Pekanbaru Memberikan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan(First AID) Bagi Potensi SAR Di Kabupaten Kampar



Kampar
, indometro.id

Bertempat di Hotel Altha Kabupaten Kampar, Basarnas Pekanbaru memberikan  Pelatihan bagi Potensi SAR yaitu Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (First Aid), dengan Tema Melalui Pembinaan Potensi Dasar di Bidang Pertolongan Pertama Kita Tingkatkan Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan  untuk mendukung  Operasi Pencarian dan Pertolongan di Wilayah Kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru . Senin 27 Sep 2021.

Acara dibuka oleh Direktur Bina Potensi Drs. Mochamad Hernanto, M.M.yang diwakili oleh Koordinator Rencana dan Standarisasi Bina Potensi Suhardi, S.T., M.Si Dalam sambutannya beliau Berpesan Agar Saudara-saudara Mengikuti Pelatihan Ini Dengan Serius Dan Melaksanakan Instruksi Yang Diberikan Para Instruktur Maupun Mentor. Perhatikan Dengan Seksama Semua Pelajaran, Baik Teori Maupun Praktek  Agar Ilmu Yang Diberikan Dapat Terserap Dan Dapat Diaplikasikan Dengan Baik. Utamakan Keselamatan Diri Dan Hindari Sikap Over Confident Dan Keraguraguan Pada Materi Yang Beresiko. Selebihnya, Jaga Kesehatan Saudara-saudara Untuk Senantiasa Fit Hingga Pelatihan Ini Berakhir. Yakinlah Bahwa Materi-Materi Yang Akan Diberikan, Akan Sangat Bermanfaat Bagi Kita Sendiri Khususnya, Bagi Keluarga Maupun Masyarakat Pada Umumnya. 



Kepada Panitia Penyelenggara Dan Segenap Tenaga Instruktur Saya Ucapkan Selamat Bekerja. Semoga Pelatihan Ini Dapat Berjalan Sesuai Dengan Perencanaan Dan Pedoman Pelatihan Yang Telah Ditetapkan. Jaga Terus  Kualitas Pelatihan Yang Sudah Terselenggara Dengan Baik Selama Ini. Selanjutnya, Jadikanlah Pelatihan Ini Sebagai Ajang Pembelajaran, Tukar Menukar Pengalaman Dan Mempererat Jalinan Silaturahmi di Antara Kita Sebagai Insan Sar, terang Suhardi. 

Acara pembukaan dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI yang diwakili oleh  bapak Hidayat Pasai S.IP,  Bupati Kampar yang diwakili Oleh Kalaksa BPBD Kab Kampar  Tarmizi,   Ishak, S.Sit., M.Si., M.Mar.E selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pekanbaru, Kasi Sumber Daya Hendra Oktri, S,Sos.M.M, Kasubbag Umum England serta Pejabat Daerah Kabupaten Kampar diantara Kepala Dinas Sosial Kampar Zamzami dan Kepala Damkar Kampar Yuricho Efril S.Stp. serta undangan lainnya.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 27 sd 29 September 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang, 5 Orang dari BPBD Kampar, 3 Orang Damkar Kampar dan 17 Orang dari Organisasi Gema Keadilan Kabupaten Kampar. Seluruh peserta dan panitia telah menjalani screening vaksin Covid-19 dan Rapid Test guna menghindari penularan Covid-19 selama acara berlangsung. Seluruh acara juga dijalankan berdasarkan protokol Kesehatan Covid-19. 

Adapun tujuan dari kegiatan Pembinaan ini adalah memberikan keterampilan Pencarian dan Pertolongan dalam melaksanakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Peserta akan diajarkan tentang penilaian awal korban, pemindahan korban, BHD, RJP, langkah awal mengatasi pendarahan dan syok, cedera jaringan lunak, cedera kepala, dada, tulang belakang dan juga luka bakar. Peserta tidak hanya akan diberikan materi namun juga berkesempatan untuk latihan praktik materi yang diberikan oleh instruktur. 


Dengan Pelatihan ini juga peserta  diharapkan mampu melakukan tindakan sebagai penolong pada Pertolongan pertama pada kecelakaan dan memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan pedoman Pertama pada Kecelakaan serta memiliki pengetahuan tentang penggunaan peralatan dalam Pertolongan pertama.(Hms103).***
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama