Kelompok Tani De Aron Bisa Tingkatkan Populasi Ternak Unggul di Kabupaten Aceh Utara


Aceh Utara, indometro.id - 

Kelompok tani De Aron adalah salah satu kelompok pemeliharaan ternak yang berlokasi di gampong Blang Trieng Kecamatan Tanah Luas kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh. Kelompok ini dengan populasi ternak saat ini untuk mengembangkan Hijauan Pakan Ternak (HPT) untuk kebutuhan pakan ternak. 


Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Aceh Utara, Ir.Lilis Indriansyah melalui sekretaris Drh. Marzuki kepada media ini,  Rabu (18/08/2021) mengatakan kelompok tani De Aron tersebut di bentuk oleh anggota DPRK Aceh Utara BapakTerpiadi A. Majid. Luas lahan untuk pengembalaan sekitar 5 hektar dan akan ditanami juga HPT (Hijauan pakan ternak) dikelompok ini seluas 4 hektar untuk kebutuhan pakan hijauannya. Selain itu juga tersedia sumber air yang cukup untuk kebutuhan air minum dan mandikan ternaknya.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan populasi dan mengoptimalkan program inseminasi buatan/kawin suntik hingga lahirnya sapi unggul. Disamping itu bisa sebagai rujukan dalam membantu menciptakan lapangan kerja bagi kelompok binaan yang akhirnya bisa membuat mereka sejahtera melalui sektor pertanian khususnya bidang peternakan,"ujarnya.


Dalam hal ini Pemerintah kabupaten Aceh Utara sangat memperhatikan petani. Pemerintah akan membantu kelompok tani yang berminat dan serius untuk berternak dengan ternak sapi unggul.

"Untuk tahun ini direncanakan dengan sapi dari kelompoknya dan tahun depan diupayakan lewat program pemerintah,"ungkap Marzuki. 

Marzuki, berharap ke depannya di kabupaten Aceh Utara akan banyak muncul kelompok - kelompok Tani yang terus kita bina untuk menggalakkan program pemerintah. Sehingga setiap bantuan dari pemerintah bisa di kelola dengan baik untuk meningkatkan taraf hidup peternak itu sendiri..

"Kegiatan ini dapat menjadi sarana memperkenalkan berbagai teknologi terkini di bidang budidaya peternakan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak di kabupaten Aceh Utara, terutama dalam budidaya ternak sapi sehingga dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan populasi ternak dan mengoptimalkan program inseminasi buatan/kawin suntik hingga lahirnya sapi unggul,"tandasnya. 

Mahdi
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama