-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Agen E-Warong Salurkan BPNT Di Kecamatan Betung.

    Joni Karbot
    Sabtu, 24 Juli 2021, Juli 24, 2021 WIB Last Updated 2021-07-25T06:34:08Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Betung- Banyuasin, indometro.id- Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin,  bantuan alokasi bulan Juli, Agustus  dan September Tahun 2021 dilakukan serentak disemua Agen E-Warong  yang sudah ditetapkan Sebagai Agen Sembako dalam wilayah kecamatan Betung, Sabtu, 24 Juli 2021.

    Penyaluran BPNT tersebut sesuai dengan arahan Pemerintah, di mana bantuan ini mengunakan ATM KKS yang diterbitkan oleh Bank HIMBARA dalam hal ini BRI. Serta disalurkan secara non tunai secara otomatis bantuan dikirim langsung Ke KPM dengan menggunakan sistem perbankan.

    Sistem tersebut dimaksudkan untuk memudahkan kontrol, pemantauan, dan memenuhi syarat penyaluran, yaitu tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah.

    Pada penyaluran BPNT kali ini, BPNT hanya bisa  ditukar/ dicairkan menjadi Bahan Pangan Sembako yang sesuai aturan, adapun Komoditi Bahan Pangan Kecamatan Betung adalah: 

    - Beras

    - Kacang Hijau

    - Buah Apel

    - Kentang

    - Telur.

    Tempat pengambilan khusus penerima BPNT, Khusus Agen E-Warong (BPNT-SEMBAKO)  sekaligus Agen BRI-LINK : 

    -  Zulfikri (Lubuk Karet)

    - Sapedol (Taja Raya II)

    - Iwan (Taja Raya 1)

    - Andi K ( Taja Mulya)

    - Zul/Leni (Taja Indah)

    - Adi (Kel Rimba Asam

    - Sutarna/AADY (Betung)

    - Bambang S (Kel Betung)

    - Toko Ayu/ Ir ( Betung)

    - Misyono (Desa Bukit)

    Penyaluran BPNT dilaksanakan tetap dengan menggunakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan menerapkan physical distancing, memakai masker, cuci tangan dan pembagian jadwal penyaluran sesuai alamat perdusun agar tidak terjadi kerumunan massa.

    Bansos diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sudah padan dengan data Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sesuai amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

    Tenaga Kesejahteran Sosial Kecamatan (TKSK) Betung, Bung Yudi Hartono, S.Pd menyampaikan adanya Kendala data,  menyebabkan terkendalanya bantuan Baik Itu BPNT, PKH Maupun BST yang merupakan Bantuan dari Pemerinatah.

    " Data ini terus diperbaiki, baik melalui Puskesos petugas Desa/Kelurahan, singkron data dukcapil, diharapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  agar aktif  jika ada data bermasalah atau kendala silakan perbaikan data kunjungi petugas desa" ujar tokoh pemuda kecamatan ini.

    Pemadanan data mampu meningkatkan ketepatan sasaran program dan menghindari kesalahan penyaluran. Juga, saat ini Kemensos terus melakukan upaya memperbaiki kualitas data. 

    “Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemendagri dan Kemensos RI serta Dinsos dan Dukcapil Kabupaten Banyuasin  yang sangat mendukung upaya percepatan perbaikan data, sehingga pelaksanaan program Perlindungan Sosial ke depan bisa terselenggara menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

    Hal senada disampaikan Camat Betung M. Sobir, S.Sos melalui kasi Kesos, Sudirman, S.Sos, M.SI, ketika dikonfirmasi Awak media, berharap program BPNT ini dapat mengurangi beban pengeluaran para KPM dalam pemenuhan kebutuhan sebagian pangan. KPM dapat Mengecek Bantuan diambil diagen E-Warong Desa/Kel setempat.

    “Pemerintah melalui program ini juga ingin memberikan lebih banyak pilihan tidak hanya beras dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan melalui bahan pangan baik itu beras, Telur, kacang hijau, Kentang dan Buah,” ujar Pj Kades Bukit.

    Editor: Joni Karbot

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini