-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kades Weratan Pastikan, Tanaman Kaliandra Memberikan Manfaat Ekonomi Bagi Masyarakat

    Jurnal Investigasi
    Senin, 31 Mei 2021, Mei 31, 2021 WIB Last Updated 2021-06-06T20:45:57Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Wilson Layan (Kepala Desa Weratan)


    Saumlaki, indometro.id - Kepala Desa Weratan Wilson Layan mengajak masyatakat untuk harus mendukung Perusahan Kaliandra yang akan dibuka dalam waktu dekat ini.

    Kades Weratan Wilson Layan mengatakan, tanaman kaliandra akan dapat memberikan manfaat ekonomis. Potensi tanaman Kaliandra ini sangat besar jika ditekuni dengan baik, selain  sebagai sumber energi, tetapi juga bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat.

    "Tanaman Kaliandra mampu tumbuh dalam semua jenis tanah, bahkan tanaman kaliandra ini cepat bersemi dan lebat. Sistem perakaran tanaman Kaliandra dapat membentuk bintil akar, dapat menyerap nitrogen dan menjadikan tanah subur. ini sangat cocok di Seira jika ditanam. prosesnyapun sangat sederhana, saya telah membuktikannya sendiri. sekarang sudah semai bibit yang banyak sebagai contoh untuk nantinya diikuti oleh masyarakat. pada dasarnya sebagai kepala desa harus jadi contoh dan teladan yang baik untuk masyarakat, mengajak masyarakat untuk lebih fokus untuk usaha dalam meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga", Beber Wilson.

    "Tidak hanya itu, namun masih ada manfaat yang lain juga seperti daun tanaman Kaliandra ini sangat baik untuk ternak hewan karena mengandung protein yang tinggi sangat bagus untuk meningkatkan produktifitas hewan ternak, ini sangat baik untuk bisa diambil oleh masyarakat yang sedang berusaha piara ternak di desa, jadi manfaat tanaman kaliandra ini sangat membantu masyarakat", Katanya

    Tanaman Kaliandra yang sangat mudah ditanam ini, sangat memiliki prospek EBT biomassa yang potensial. dalam Pengembangan, riset, dan penggunaan Kaliandra untuk digunakan sebagai pembangkit listrik bisa menjadi alternatif energi bagi masyarakat Seira pada umumnya

    Layan menanmbahkan, Bibit tanaman kaliandra ini dapat diperoleh dengan  mendapatkan bibit unggul dengan caranya dipotong. tanaman kaliandra yang sudah tua ukuran panjangnya kurang lebih 20-30 cm. proses tanam kaliandra ini sangat sederhana dan gampang sekali, yaitu dengan cara menancapkannya pada tanah tanpa harus menggemburkan tanah terlebih dahulu, kemudian nanti sampai pada proses panen, tanaman Kaliandra untuk daun dan buah dapat dilakukan setelah mencapai satu tahun.

    Jadi saya harap agar masyarakat bisa mendukung ini untuk dapat menjadikan tanaman Kaliandra ini sebagai usaha agar bisa mendatangkan uang dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan akan menjadi usaha tetap agar bisa membantu masa depan anak - anak, Tutupnya (NFB/Red)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini