Ticker

6/recent/Ticker-posts

Guru Honorer/PTTK Gayo Lues Belum Menerima Gaji


Guru Honorer/PTTK Gayo Lues Belum Menerima Gaji


BLANGKEJEREN, indometro.id - Guru honorer atau Pegawai Tidak Tetap Kabupaten (PTTK) Gayo Lues belum pernah menerima gaji sejak Januari hingga April 2021. Kini Hari Raya Idulfitri sudah di depan mata dan banyak anak guru honorer belum membeli kebutuhan lebaran.

Kasimuddin, Kepala Dinas Pendidikan Gayo Lues mengatakan gaji guru PTTK atau honorer dipastikan tidak akan keluar atau tidak bisa dicairkan sebelum Hari Raya Idulfitri.

“Alasanya karena saat ini sedang refocusing, di mana dana untuk gaji guru PTTK itu bersumber dari DAU (Dana Alokasi Umum). Sementara posisi sekarang, 12 persen DAU Dinas Pendidikan dipotong. Jika dirupiahkan, total pemotongan DAU Dinas Pendidikan saja mencapai Rp8 miliar, jadinya gaji guru ikut terpotong juga,” kata Kasimuddin.

Saat ini, kata Kasimuddin, jumlah guru PTTK di Gayo Lues mencapai 700 orang dengan gaji rata-rata Rp1 juta per bulan. Untuk membayar gaji mereka harus selesai dulu refocusing yaitu tanggal 15 Mei 2021.

“Untuk saat ini, saya mengimbau kepada guru PTTK agar bersabar dulu, kami sedang berupaya mempertahankan guru PTTK di mana PTTK di dinas lain sudah banyak yang diberhentikan. Karena kami merasa bahwa guru honor ini merupakan ujung tombak untuk meningkatkan mutu pendidikan di Gayo Lues,” jelasnya.

Kepala Dinas Pendidikan ini mengaku setelah 15 Mei atau sesudah refocusing selesai dirinya akan berusaha akan berbicara dengan pimpinan, dan berharap gaji PPTK bisa dibayarkan dan tetap bekerja seperti biasanya.

Artikel Terkait