-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dimasa Pandemi Covid 19, Dandim 0103/Aceh Utara Laksanakan Donor Darah

    Kamis, 27 Mei 2021, Mei 27, 2021 WIB Last Updated 2021-05-27T08:21:47Z

    Ads:

    Dandim 0103/Aceh Utara Laksanakan Donor Darah.


    Lhokseumawe, indometro.id - Personel Kodim 0103/ Aceh Utara, melaksanakan bakti sosial donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lhokseumawe Kegiatan Bhakti sosial Donor Darah Tersebut dilaksanakan di Makodim 0103/Aceh Utara Kota Lhokseumawe, Kamis (27/05/2021).

    Situasi saat ini Yang diakibatkan perkembangan virus Covid- 19 berimbas pada semakin menipisnya persediaan stock darah di PMI, hal ini disikapi dengan positif oleh Kodim 0103/ Aceh Utara, dengan niat membantu dengan ikhlas persedian darah yang semakin menipis tersebut, sehingga dilaksankannya Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah ini, yang nantinya diharapkan bisa membantu kekurangan stock darah yang ada saat ini dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat atau yang membutuhkan .

    Kegiatan Bhakti Sosial Donor Darah inu tetap Melaksanakan Protokol Kesehatan,dengan melakukan,Sebelum masuk ruangan, peserta donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan mengunakan sabun antiseptik, pemeriksaan suhu badan, menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya dan tidak berkerumun serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran.

    Dikatakan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P,saat melaksanakan Donor Darah bahwa kegiatan Donor Darah yang dilakukan pada hari ini Kamis (27/5) tersebut merupakan realisasi atas permintaan PMI kota Lbokseumawe karena minimnya stok darah yang ada, hal ini diakibatkan karena masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.

    Sehubungan dengan adanya himbauan dari Pemerintah untuk mengurangi aktivitas berkumpul ramai dan mengisolasi diri di rumah telah membuat kegiatan donor darah mulai berkurang. Hal ini pun lantas membuat pasokan darah yang ada menjadi semakin berkurang. Apalagi menurut laporan, stok darah di beberapa wilayah di Indonesia semakin menipis di masa wabah virus corona saat ini.

    “Kami melakukan kegiatan Bhakti Sosial Donor darah untuk mengantisipasi Kekurangannya Stock Darah yang  ada di PMI Kota Lhokseumawe, kegiatan donor darah dimasa Pandemi Covid ini juga kita laksanakan secara Ketat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 yang terjadi saat ini, pemeriksaan dalam kegiatan ini dilakukan secara khusus dan ketat yang berbeda dari hari-hari biasa,” terangnya.

    Lanjut Letkol Oke, mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia karena setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

    "Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Ini karena saat melakukan Donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh kamu pun terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar,"pungkasnya.

    Kegiatan donor darah yang diselenggara kan pada hari ini ,saat ini sudah terkumpul sebanyak 24 kantong darah,insyaallah akan bertambah lagi.sebab personel yang kita kerahkan -+ 200 Orang untuk melaksanakan Donor Darah.

    Bagi pendonor tidak perlu khawatir untuk mendonorkan darahnya ditengah pandemi ini, sebab PMI sudah memiliki protokol dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) untuk melakukan donor ditengah pandemi.

    “Kami menjamin bagi yang akan donor darah dengan aman, karena sesuai SOP yang diberlakukan,” kata Dandim kembali.

    "Kami harap bisa mengajak masyarakat yang sudah biasa melakukan donor untuk kembali donor karena prosedur donor ditengah pandemi itu aman ,”tutup Letkol Oke.

    Mhd

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini