Ticker

6/recent/Ticker-posts

Gabungan Relawan dan Komunitas Magelang Bersihkan Mata Air Gending

Gabungan relawan dan Komunitas Sepeda Tua Magelang (VOC) dalam kegiatan bersih sumber mata air Gending, Sukorejo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.
(Foto | Narwan Eska)

Magelang, indometro.id – Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dilakukan oleh para relawan Magelang dengan kegiatan bersih-bersih mata air. Ada pun sasaran kegiatan kali ini adalah bersih-bersih lingkungan Mata Air Gending, di Objek Wisata Ndas Gending Dusun Ganjuran Desa Sukorejo Mertoyudan Magelang digelar Minggu (11/4/2021). Ada tiga titik lokasi yang dibersihkan dalam kegiatan ini. Yaitu akses jalan sekitar Mata Air Gending, lingkungan pemandian dan aliran Sungai Gending," ucap Slamet.

Kepala Desa Sukorejo, Slamet Widjayani, mengatakan kegiatan bersih-bersih Mata Air Gending tersebut melibatkan empat komunitas relawan. Yaitu Garda, KKBM, LPRB Mertoyudan, Granat Rescue dan satu komunitas sepeda tua VOC Magelang.

"Kegiatan ini sudah dilaksanakan rutin setiap tahunnya, bertujuan menjaga kebersihan sumber mata air Ndas Gending yang juga merupakan objek wisata. Sekaligus persiapan memasuki Bulan Ramadan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa Desa Sukorejo, Serda Andi Sigit S, turut melakukan pengawasan protokol kesehatan, dikarenakan masih masa pandemi Covid-19.

"Dalam pelaksanaan kegiatan ini  dilaksanakan dengan protokol kesehatan," terang Serda Andi.

Di tempat yang sama, Ketua Velocipede Old Classic (VOC) Komunitas Sepeda Tua Magelang, Arya Seno, menuturkan, pihaknya selain melakukan bersih-bersih mata air Gending, juga menggelar ritual jamasan mencuci sepeda tua.

"Ritual penggambaran padusan, menyambut Bulan Ramadan sebagai wujud syukur atas alam sumber air. Dipilihnya mata air Ndas Gending ini, karena kami juga mempunyai misi memperkenalkan objek wisata tersebut kepada masyarakat," kata Seno. (Narwan Eska)

Artikel Terkait