KABAR baik datang dari DPRD Jawa Barat. Ya, hari ini DPRD Jawa Barat akan menggelar rapat paripurna terkait persetujuan bersama Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Di kutip dari radar Cirebon  Ada dua wilayah yang akan diusulkan untuk dimekarkan yakni Indramayu Barat dan Bogor Timur.

Total kini ada lima wilayah yang akan dimekarkan, tiga wilayah sudah diusulkan dan saat ini ada di Kemendagri sementara dua wilayah adalah yang baru akan ditetapkan hari ini.

Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Bambang Mujiarto ST kepada Radar mengatakan proses persetujuan tersebut merupakan kabar baik untuk warga Indramayu Barat. Harapannya dengan pemekaran tersebut, pembangunan akan semakin merata dan cepat.

“Salah satu tujuan pemekaran kan untuk mempercepat pembangunan dan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat. Jika dengan Indaramayu dan Bogor Timur berarti kita nanti ada lima wilayah yang diusulkan,”ujarnya.

Ditegaskan Bambang, meskipun saat ini sudah diusulkan namun proses menuju pemekaran wilayah tersebut masih panjang. Tahapan-tahapan menuju pemekaran tersebut akan ia kawal agar bisa terealisasi menjadi cita-cita bersama untuk masyarakat Jawa Barat.

“Setelah dari DPRD, tahapan selanjutnya adalah diusulkan ke Kemendagri. Dari sini nanti akan dinilai kelayakannya, nanti kalau dari Kemendagri ada tahapan lainnya juga sampai dengan pemekaran wilayah terealisasi,”imbuhnya.

Diterangkan Bambang, Saat ini jumlah Kabupaten Kota di Jawa Barat baru 27 wilayah. Dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada, idealnya memang harus ada paling tidak 40 wilayah agar rentang kendali tidak terlalu jauh.

Dijelaskan politisi PDIP ini, persetujuan DPRD tersebut dalam rangka persiapan jika sewaktu-waktu moratorium pemekaran wilayah sudah dicabut.

“Sekarang kan masih moratorium, kita lakukan persiapan sehingga nanti jika sudah dibuka, kita sudah tinggal sedikit lagi, Ini tentu penting karena tahapan awal sudah kita tempuh, langkah selanjutnya menunggu kemendagri dan pencabutan moratorium,” ungkapnya. (Mataram)