Ticker

6/recent/Ticker-posts

Danrem 162/WB Dampingi Mensos RI Kunjungi Korban Banjir di Bima.



Indometro NTB - Bima, Komandan Korem 162/WB Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani mendampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini yang sedang melaksanakan kunjungan kerja melihat langsung kondisi masyarakat yang terdampak banjir bandang di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat hari ini, Senin (05/04/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Sosial bersama rombongan melihat dan memberikan sejumlah bantuan berupa makanan, pakaian, selimut dan peralatan bayi kepada warga terdampak banjir.

Danrem 162/WB mengatakan pihaknya akan membackup Pemerintah Daerah Provinsi NTB maupun Kabupaten Bima dalam penanganan bencana alam banjir akibat badai siklon Seroja yang meluluh lantakan puluhan desa di Kabupaten Bima.

“Ini dampak dari badai siklon Seroja dengan potensi hujan lebat dalam durasi waktu yang cukup lama mengakibatkan saluran irigasi tidak mampu menampung debet air hujan sehingga airnya meluap dan merendam perumahan masyarakat termasuk beberapa fasilitas umum rusak seperti jembatan,” paparnya.

Sebelumnya, Danrem 162/WB didampingi Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Inf Budi Rahmahwan dan Dandim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustofa Kamal mengecek langsung beberapa lokasi seperti Pelabuhan Bima untuk bersandar kapal KRI ADRI yang akan membawa sejumlah personel dan alat berat untuk perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir bandang maupun alat kesehatan untuk membantu Dikes Kabupaten Bima.

“Rencana dalam waktu dekat, sesuai perintah Bapak Kasad, TNI AD akan mengirim Kapal ADRI yang akan membawa bantuan personel dan alat berat untuk memperbaiki dan membangun kembali jembatan yang rusak. Ini sebagai salah satu upaya TNI dalam membantu kesulitan masyarakatnya,” ujar Ahmad Rizal.

Danrem 162/WB juga mengecek kerusakan bangunan Koramil 1608-07/Monta, meninjau fasilitas kesehatan yang berkaitan dengan kelengakapan Puskesmas Monta maupun cadangan obat-obatan dan memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang.

“Apabila ada kendala apapun bentuknya seperti obat obatan ataupun mobil ambulance agar segera disampaikan kepada pejabat militer yang ada dan pada kesempatan pertama kami akan bantu,” pesan Ahmad Rizal.

Selain itu, Danrem 162/WB bersama rombongan juga melaksanakan peninjauan kesiapan sejumlah dapur lapangan di beberapa desa di Kecamatan Monta untuk membantu penyiapan makanan siap saji tiga kali sehari bagi korban banjir.

“Ini adalah musibah kita bersama, jangan panik dan tetap waspada, karena menurut BMKG beberapa hari kedepan masih akan terjadi hujan di beberapa daerah,” pesannya.

Jenderal Bintang Satu itu juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat untuk mengambil pelajaran dari alam, agar kedepan tidak ada lagi penebangan hutan secara liar atau illegal loging. “Sayangi alam dengan menjaga kelestariannya, maka alam juga akan menjaga kelangsungan hidup manusia, jadi bersimbiosis mutualisme antara manusia dengan alam,” pungkasnya.(ils).

Artikel Terkait