-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pemkab Solok Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Solok Tahun 2022

    Selasa, 30 Maret 2021, Maret 30, 2021 WIB Last Updated 2021-03-31T05:07:14Z

    Ads:

    Pemkab Solok Gelar Musrembang RKPD Kabupaten Solok Tahun 2022


    Solok, indometro.id - Plh Bupati Solok, Aswirman, S.E., M.M., membuka secara resmi Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Solok tahun 2022, dengan tema "Pemulihan Ekonomi  Melalui Sektor Strategis Daerah Pertanian, Pariwisata dan UMKM", pada hari Selasa, 30 Maret 2021, di Gedung Solok Nan Indah, Arosuka.

    Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kab. Solok, Dodi Hendra, Kepala Bappeda Prov. Sumbar, Kaban Barenlitbang, Erizal, S.E.,M.M., Forkopimda Kab. Solok, Kepala SKPD dilingkup Pemda Kab. Solok, beserta Camat dan delegasi Kecamatan se-Kabupaten Solok.

    Dalam laporannya, Sekretaris Barenlitbang sekaligus panitia pelaksana, Ir. Desmalia Ramadhnur, menyampaikan bahwa acara Musrembang ini diselenggarakan selama satu hari. Adapun peserta Musrembang RKPD tahun 2022 diikuti lebih kurang 150 orang peserta yang terdiri dari unsur DPRD, Forkompinda, instansi vertikal, delegasi kecamatan, pemuka masyarakat, dan pemangku kepentingan lainya dengan Narasumber Musrembang RKPD tahun 2022 ini adalah dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, dan Barenlitbang Kab. Solok.

    "Dengan mempertimbangkan pandemi COVID-19, kami juga membuka secara virtual melalui Zoom Meeting dengan kapasitas 500 akun, serta Live Streaming yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo dan Komunikasi Kab. Solok", ujar Desmalia.

    " Hasil yang diharapkan dari Musrembang RKPD Kab. Solok tahun 2022 ini adalah rumusan kesepakatan yang dituangkan kedalam berita acara kesepakatan sesuai dengan peraturan Mendagri No. 86 tahun 2017 yang ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri Musrembang RKPD Ini", sambungnya.

    Desmalia juga menyampaikan, bahwa tujuan acara Musrembang adalah sebagai berikut:
    1. Mematangkan rencana RKPD tahun 2022 menjadi rancangan akhir RKPD dengan cara menyelaraskan program dan kegiatan antar SKPD dengan memperhatikan aspirasi masyarakat, yang kemudian hasilnya digunakan untuk pemutakhiran rancangan RKPD Kab Solok.
    2. Mensinergikan intervensi yang dilakukan berbagai pihak, berbagai sektor dan tingkatan pemerintahan dalam penanganan isu-isu strategis.
    3. Sebagai media konsultasi publik bagi segenap pemangku kepentingan untuk mendukung implementasi program dan kegiatan.

    Dalam sambutannya, Aswirman mengatakan bahwa Proses Musrembang pada hari ini memiliki peranan penting dan strategis dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Solok tahun berikutnya. Rangkaian kegiatan tersebut berfungsi sebagai konsultasi publik untuk menyelaraskan rancangan RKPD dengan usulan dari masyarakat melalui setiap tahapan musrembang mulai dari Rembuk Jorong, Musrembang Nagari dan Musrembang Kecamatan. Aswirman berharap, pencanaan pembangunan yang dirancang diharapkan tidak hanya berupaya untuk menyelesaikan permasalahan pada saat ini, namun juga mampu mengantisipasi permasalahan dimasa yang akan datang.

    "Kepada seluruh peserta, saya ucapkan selamat menjalankan amanah seluruh masyarakat Kabupaten Solok melalui Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022. Semoga yang diamanatkan dapat diwujudkan dalam bentuk partisipasi aktif bapak dan ibu sekalian dalam acara ini", ujar Aswirman.

    "Diharapkan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Solok untuk dapat terlibat aktif dan memberi perhatian serius agar tujuan musrembang yang kita harapkan dapat terwujud", sambungnya.

    Ketua DPRD Kab. Solok, Dodi Hendra menyampaikan dalam dalam sambutannya bahwa kegiatan Musrembang RKPD yang dilaksanakan pada hari ini merupakan sebuah agenda kegiatan yang harus dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud pelaksanaan amanah Permendagri No. 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah yang memiliki peran strategis dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Solok tahun berikutnya. Dedi berharap, seluruh pemangku kepentingan memberi perhatian serius dan optimal terhadap rangkaian proses kegiatan, serta terlibat aktif agar tujuan untuk menjadikan Musrembang sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran yang partisipatif dapat diwujudkan.

    Selain itu, Ketua DPRD Kab. Solok juga menyampaikan, bahwa Kegiatan Musrembang RKPD tahun 2022 diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dan mengokohkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Solok


    "Kita berharap, agar potensi-potensi ekonomi yang ada dibidang pertanian, pariwisata dan UMKM untuk dapat kita maksimalkan dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat Kab. Solok tahun 2022", ujar Dedi.

    "Pada kesempatan ini, kami juga informasikan bahwa DPRD Kabupaten Solok sudah menyampaikan pokok-pokok pikiran ke pemerintah daerah melalui Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) pada minggu ke-3 bulan Maret ini. Dan tentunya kami berharap agar semua usulan yang telah dismampaikan tersebut agar mendapatkan perhatian bagi pemerintah daerah serta dapat tertuang dalam dokumen RKPD tahun 2022", tambahnya. (Ag)





    Komentar

    Tampilkan

    Terkini