Ticker

6/recent/Ticker-posts

Hari Ini Majene Di Guncang Gempa 39 Kali


IndoMetro.Gempa susulan masih terus terjadi di wilayah Majene dan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Hingga hari kelima sejak gempa besar terjadi Jumat (15/1/2021) pekan lalu, setidaknya sudah ada 39 kali gempa susulan terjadi.

Terkini adalah pada Senin siang (18/1/2021) sekitar pukul 12.11 WITA. Dari Analisaa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 11.11 WIB itu sudah menjadi gempa ke-39.

Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan gempa yang baru saja terjadi memiliki magnitudo M 4.2.

Warga kembali terkejut dan panik akibat guncangan yang terjadi, karena trauma akan guncangan gempa kuat yang telah terjadi sebelumnya,” kata Daryono seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Daryono mengungkapkan untuk episenter gempa bumi yang terjadi ini terletak pada koordinat 2,91 LS dan 118,99 BT. Lokasi tepatnya terjadi di darat pada jarak 27 kilometer arah Tenggara Kota Mamuju dengan kedalaman 10 kilometer.

Seperti rentetan gempa sebelumnya, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Mamuju-Majene dengan mekanisme pergerakan naik .

Sudirman Lombok

Artikel Terkait