-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, Upaya Kodim Sintang Bantu Ekonomi Petani

    Senin, 18 Januari 2021, Januari 18, 2021 WIB Last Updated 2021-01-18T02:50:24Z

    Ads:

    Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, Upaya Kodim Sintang Bantu Ekonomi Petani

    Sintang, indometro.id - Sebagai upaya untuk membantu mengatasi ekonomi petani di masa pandemi. Kodim 1205/Sintang menggelar pelatihan pembuatan pupuk organik kepada perwakilan Babinsa jajaran Kodim Sintang, yang dilaksanakan di Eks lapangan terbang Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (17/12021)

    Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut Kodim 1205/Stg menggandeng Dinak Pertanian Kab. Sintang. Sedang pemateri pembuatan pupuk organik dari tim Penyuluhan Pertanian Dinas Pertanian Sintang ibu Rusriwati dan bapak Rismanto.

    Penyuluhan pembuatan pupuk organik dilaksanakan mengingat harga pupuk sangat tinggi dipasaran, sehingga banyaknya masyarakat tidak mampu untuk membeli dan hanya menanam sebagian dari lahan yang dimiliki.

    Demikian disampaikan Dandim 1205/Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, di Makodim 1205/Sintang, Jalan Ksatria, Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang. Pada Sabtu (16/1) kemarin.

    Dikatakan juga, bahwa bahan - bahan pembuatan pupuk organik tersebut diantaranya POC (pupuk organik cair), eco emzyme, biochar dan pestisida nabati.

    "Keempat pupuk tersebut adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti arang, serabut kelapa, air kelapa, dedaunan, em4 (bakteri baik buat pertumbuhan tanaman), dan tebu. Prosesnya di fermentasi setelah 1 minggu baru bisa kita gunakan," jelas Dandim.

    Lanjutnya mengatakan, pupuk ini bisa kita gunakan pada tanaman dan tumbuhan padi, sayuran - sayuran dan tumbuhan lainnya. Hal ini adalah suatu yang bisa menguntungkan bagi petani dengan biaya yang sangat murah meriah.

    Dandim juga memberikan motivasi kepada para Babinsa untuk mengajak masyarakat memanfaatkan alam sekitar. Berikan ilmu yang telah dikuasai supaya bermanfaat bagi orang banyak, bahan dari pada pupuk ini dapat kita temukan di sekeliling kita  dan kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

    "Manfaatkan serta serap betul - betul ilmu yang didapat dari penyuluhan hari ini," pungkas Dandim.

    Mhd

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini