-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    10 Jenis Ikan Cupang dan Cara Merawatnya

    Sabtu, 30 Januari 2021, Januari 30, 2021 WIB Last Updated 2021-02-01T05:36:19Z

    Ads:

    Ikan Cupang

    Tebing Tinggi, indometro.id -- Ikan cupang atau betta fish kini masih menjadi primadona di kalangan penggemar ikan karena kecantikan bentuk siripnya yang lebar dengan warna warni yang cantik. Kota Tebingtinggi adalah salah satu lokasi peternak ikan cupang ternama di Indonesia.

    Meski bentuk ikan cupang banyak yang serupa, namun jenis ikan cupang ternyata cukup beragam, dilihat dari warna, bentuk ekor, ukuran, dan sebagainya.

    Berikut adalah 10 Jenis ikan Cupang Cantik untuk anda ketahui. Karena mungkin anda betminat untuk memelihara dan mengembangbiakkannya di rumah saat masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai juga hingga saat ini 

    1. Veil Tail

    Jenis ikan cupang yang pertama adalah Veil 

    Tail yang paling umum ditemukan di 

    toko-toko ikan. 

    Namun, siripnya yang menjuntai saat berenang memancarkan pesona tersendiri bagi para pegiat dan kolektor ikan cupang.

    2. Rose Tail

    Ikan cupang Rose Tail memiliki percabangan warna yang berlebih pada sirip dan ekornya, sehingga ekornya tampak seperti kelopak bunga mawar.

    Jenis ikan cupang ini biasanya mempunyai pola ekor warna-warni dan seringkali memberikan efek ombre pada ekornya. Saat berenang di dalam 'rumahnya', ia tampak seperti bunga yang sedang mengambang di dalam air.

    3. Delta Tail

    Jenis ikan cupang cantik yang bisa dipelihara selama pandemi ini adalah jenis Delta Tail. Seperti namanya, bentuk ekornya mirip huruf 'D' seperti nama depannya. Ekor dan siripnya mengembang saat berenang.

    4. Ekor Mahkota

    Jenis ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan cupang tercantik di dunia. Ikan cupang ekor mahkota memiliki sedikit selaput di antara sinar panjang di sirip dan ekornya, yang seolah terlihat seperti ditutupi paku.

    Nama lain dari ekor mahkota ialah punk rocker atau bisa juga disebut crown tail betta.

    5. Bulan Sabit

    Ikan cupang Bulan Sabit atau Half Moon juga salah satu ikan tercantik di dunia. Ekornya mirip Rose Tail dan memiliki bentuk ekor seperti Delta Tail.

    Dinamakan ikan cupang Bulan Sabit karena memang bentuk lengkungan ekornya seperti Bulan sabit.

    6. Comb Tail

    Fighting fish.Dengan bentuk ekornya yang seperti sisir, ikan cupang comb tail banyak diminati . 

    Ini merupakan jenis ikan cupang yang tidak dapat ditemukan di alam liar karena merupakan hasil dari pembiakan yang selektif.

    7. Double Tail

    Ikan cupang Ekor Ganda atau double tail betta merupakan jenis ikan yang paling unik. Sebab, ikan jenis ini dikembangbiakkan dengan sifat genetik khusus yang menyebabkan ekornya tumbuh dalam dua lobus.

    Tumbuh dalam dua lobus artinya ikan ini tumbuh dengan dua ekor. Oleh sebab itu, ia memiliki tubuh yang lebih kecil dari ikan cupang kebanyakan.

    8. Setengah Matahari

    Ikan cupang Setengah Matahari atau Half Sun memiliki ekor yang sangat panjang, terlihat seperti perpaduan ikan cupang Comb Tail dan Ekor Mahkota, ekornya terlihat seperti setengah lingkaran matahari.

    9. Spade Tail

    Seperti namanya, ikan cupang jenis ini memiliki ekor yang runcing berbentuk sekop. Ikan ini cukup banyak dicari dan langka karena bentuk ekornya yang amat unik dan menawan.

    10. Round Tail

    Jenis ikan cupang cantik yang dapat dipelihara terakhir adalah Round Tail. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan cupang paling langka di dunia dan para penggemar ikan mesti berkunjung ke toko khusus hewan peliharaan.

    Round Tail memiliki bentuk ekor bulat dan mirip dengan ikan cupang Delta Tail. Bedanya, ekor Delta Tail melengkung seperti huruf 'D' tetapi Round Tail lebih ke bentuk ekor yang mirip koin.

    Cara Merawat Ikan Cupang Yang Benar

    Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai perawatan ikan cupang, ada beberapa catatan yang perlu diingat. 

    Pertama, ikan cupang dapat hidup hingga tiga tahun. 

    Kedua, panjang ikan bisa mencapai 7 sentimeter. 

    Ketiga, cupang termasuk ikan teritorial, 

    Keempat, atau yang terakhir ikan cupang menghirup udara dari permukaan akuarium.

    1. Memilih pakan yang tepat

    Hal terpenting yang perlu diketahui tentang memelihara ikan cupang adalah cara memberinya makan. 

    Ikan cupang termasuk ikan karnivora. Ada beberapa rekomendasi pakan yang bisa diberikan seperti serangga, larva serangga, dan pelet khusus cupang.

    Pastikan untuk memberi ikan cupang makan dua kali sehari. Selain itu, jangan memberikan terlalu banyak porsi pakan.

    2. Memperhatikan volume air

    Betta Fish, minimum volume air untuk ikan cupang yang sehat adalah 2,5-5 galon. Dengan volume dan ukuran tangki yang besar mempermudah untuk mempertahankan siklus nitrogen dan suhu air.

    Banyak orang menganggap ikan cupang dapat hidup dalam akuarium berukuran kecil. Namun, anggapan itu tak sepenuhnya benar. Di alam liar, cupang hidup di perairan dangkal dengan volume air yang banyak.

    3. Cek akuarium ikan cupang

    Anda perlu melakukan pengecekan akuarium secara rutin.  memeriksa filter, suhu air, dan peralatan lain setiap harinya.

    Anda juga harus memeriksa kualitas air minimal seminggu sekali. Lakukan penggantian air 50 persen untuk akuarium yang kecil atau kurang dari 2 galon seminggu sekali.

    Sedangkan untuk akuarium yang besar, ganti 10 hingga 25 persen dari total volume air setiap 2 hingga 4 minggu atau disesuaikan dengan kebutuhan.

    4. Tidak membuat ikan stres

    Bagian utama cara merawat ikan cupang yang benar adalah tidak membuatnya stres. Membangun akuarium mirip dengan habitat aslinya merupakan langkah tepat.

    Ikan cupang menyukai tempat bersembunyi agar merasa aman, terutama saat tidur. Habitat aslinya adalah bebatuan dan berbagai tanaman air yang bisa menjadi tempatnya bersembunyi.

    Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa membangun akuarium dengan tanaman imitasi dengan harga yang lebih murah.

    5. Memisahkan Ikan Cupang

    Ikan cupang jantan harus dipelihara di akuarium individu atau dipisahkan dengan ikan lainnya. Sedangkan ikan cupang betina dapat dicampur dengan jenis ikan yang lain. Selain saat musim kawin, pisahkan ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan.

    Itulah 10 jenis ikan cupang cantik yang bisa dipelihara selama masa pandemi beserta panduan merawatnya agar tak cepat mati.

    Semoga bermanfaat dan menjadi masukan terbaik untuk anda.

    (Skn.53)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini