Ticker

6/recent/Ticker-posts

WaGub Provinsi Sumatera Utara Hadiri Forum Silaturahmi Mesjid Dan Mushalla Di Mesjid Agung Kota Tebing Tinggi

WaGub Provinsi Sumatera Utara Hadiri Forum Silaturahmi Mesjid Dan Mushalla Di Mesjid Agung  Kota Tebing Tinggi


Tebing Tinggi, indometro.id - Tujuan mulia dalam memakmurkan masjid dan masyarakat di sekitarnya terus digaungkan dengan penuh semangat oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara , Hal Ini diharapkan akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini terungkap saat Wakil Gubernur Propinsi Sumatera Utara Musa Rajekshah menjadi narasumber di forum silaturahmi masjid dan musala se-Kota Tebing Tinggi, Jumat Malam (11/12). 

Musa Rajekshah mengatakan hal utama untuk memakmurkan masjid adalah mandiri dalam pengelolaannya. Untuk bisa mandiri, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) perlu manajemen yang baik, kreatif dan tentunya sejalan dengan syariat Islam. "Dalam pengelolaan masjid kita butuh semangat lebih, manajemen yang baik, profesional sehingga masjid bisa lebih mandiri terutama bidang keuangannya. Dengan begitu masjid bisa makmur dan kemudian memakmurkan masyarakat sekelilingya," kata Wagub, Pada acara forum silaturahmi yang diselenggarakan di Masjid Agung Kota Tebing Tinggi ini, Musa Rajekshah juga memberikan beberapa ide-ide dalam mengelola masjid. 

Ide tersebut antara lain membuat masjid nyaman, imam yang bagus, memiliki usaha sendiri dan sebagainya. "Dalam pengelolaan masjid tentunya kita harus serius, masjid itu perlu kita buat nyaman. Jadi orang tidak segan-segan memberi infaq. Kotak infaq kita kasih besar lubangnya, kalau lubangnya kecil sulit orang mau masukkan duit yang banyak. Masjid juga boleh punya usaha sendiri seperti katering, penginapan yang tentunya dengan manajemen tertentu. Jadi, masjid kita bisa lebih mandiri," tambah Wagub. Silaturahmi ini juga dihadiri Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima, Anggota DPRD Sumut Dhody Thahir, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution dan Asisten Umum dan Aset Pemprov Sumut Mhd. Fitriyus. Selain itu juga hadir pengurus masjid dan musala se-Kota Tebing Tinggi serta tokoh agama dan masyarakat Kota Tebing Tinggi.
Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tebing Tinggi telah membentuk arisan yang kini beranggotakan 120 masjid se-Kota Tebing Tinggi serta telah memulai pengelolaan secara lebih mandiri. "Setiap masjid memberikan Rp. 200.000,- per bulan dan nomor yang keluar itu ada empat. Keempat masjid tersebut masing-masing mendapat Rp. 5.000.000,- sisanya untuk kas. Ini kita lakukan untuk membantu kemakmuran masjid dan yang lebih utama silaturahmi antar BKM masjid yang ada di Tebing Tinggi," kata Agus Khair selaku ketua DMI Tebing Tinggi
Walikota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM sangat mendukung kegiatan DMI Tebing Tinggi ini. Menurutnya dengan cara ini masjid-masjid di Kota Tebing Tinggi bisa makmur dan memakmurkan masyarakat di sekitarnya. 

(Skn.53)

Artikel Terkait