Ticker

6/recent/Ticker-posts

IPeKB Aceh Utara Dikukuhkan. Cek Mad: Serius Tangani Kasus Stunting

Bupati Aceh Utara Cek Mad melantik pengurus IPeKB Aceh Utara


Aceh Utara, indometro.id - Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengukuhkan pengurus DPC Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kabupaten Aceh Utara masa bakti tahun 2020 – 2024. Pengukuhan berlangsung di aula Kantor Bupati di Jalan T Hamzah Bendahara, Lhokseumawe, Selasa (15/12/2020).

Dalam arahannya, Bupati H Muhammad Thaib meminta petugas penyuluh KB di Aceh Utara agar serius dalam menangani prevalensi kasus stunting (anak yang tumbuh kerdil) di daerah ini. Apalagi Aceh Utara merupakan salah satu daerah dengan kasus stunting yang persentasenya tergolong besar. Hal ini memang butuh kerjasama semua pihak, tapi bagi penyuluh KB agar dijadikan prioritas dalam setiap program kerja dan kegiatan.

Dengan telah terbentuknya organisasi IPeKB, lanjut Bupati H Muhammad Thaib, maka program kerja dan kegiatan penyuluh KB dapat lebih terarah dan terorganisir. Diharapkan program kerja penyuluh KB di Aceh Utara sesuai dan sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah, sehingga pembangunan keluarga dan kependudukan terintegrasi dalam pembangunan daerah.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus IPeKB Aceh Utara turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri, MPd, Ketua DPD IPeKB Aceh Jenat Thaib, Asisten I Sekdakab Aceh Utara Dayan Albar, SSos, MAP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB Kota Lhokseumawe Dra Mariana Affan, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.


Pada kesempatan itu, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Drs Shaidal Kastri, MPd, turut menyerahkan piagam penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat kepada Bupati H Muhammad Thaib atas prestasi yang menonjol dan komitmennya dalam menggerakkan program pembangunan keluarga, kependudukan dan KB untuk terwujudnya keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang di daerah ini.

“Saya lihat perhatian Pemkab Aceh Utara untuk program dan kegiatan Keluarga Berancana sudah luar biasa, untuk itu saya minta para penyuluh dan pengurus IPeKB untuk tingkatkan kinerja masing-masing di lapangan,” kata Sahidal Kastri.

Menurut dia, terdapat banyak perbedaan dan pola kerja penyuluh KB saat ini dengan yang dulu. Dulu ada jargon ‘dua anak cukup’, tapi sekarang jargonnya ‘dua anak itu keren’. Oleh sebab itu, para penyuluh KB hendaknya terus mengasah diri agar mampu mengikuti kondisi kekinian dalam menghadapi situasi-situasi di lapangan, di tengah-tengah masyarakat.

Selain prosesi pelantikan dan pengukuhan DPC IPeKB Aceh Utara, di tempat yang sama juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC IPeKB Kota Lhokseumawe oleh Ketua DPD IPeKB Aceh Jenat Thaib.

Seusai prosesi pelantikan, Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib menyerahkan sepeda motor operasional untuk penyuluh KB Aceh Utara. Penyerahan berlangsung di halaman Kantor Bupati, turut disaksikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Drs Sahidal Kastri, MPd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH, dan sejumlah pejabat terkait.

“Sebanyak 42 unit, pengadaan melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan adanya bantuan sepeda motor, kita harapkan kinerja penyuluh KB di lapangan semakin meningkat,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB Aceh Utara Fakhruradhi, SH, MH.

Mahdi

Artikel Terkait