Ticker

6/recent/Ticker-posts

Gelisah tanpa Sebab Bikin Hidup Menderita, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

 


Pernahkah Anda mengalami perasaan cemas atau gelisah tanpa sebab yang jelas? Saat keseharian Anda tampak baik-baik saja, rasa gelisah yang tiba-tiba muncul tentunya akan sangat mengganggu. Apalagi jika perasaan gelisah ini tidak jelas sumbernya sehingga Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Rasa gelisah tanpa sebab bisa membuat Anda terus-menerus berada dalam kekhawatiran yang tidak pasti, dipenuhi rasa bersalah yang tidak jelas penyebabnya, atau layaknya menunggu bencana yang tidak kunjung tiba.Ketika rasa gelisah menyerang tanpa alasan yang jelas, Anda akan merasa seperti terjebak dalam lingkaran setan. Sebab, jika Anda tidak mengetahui penyebab dari rasa gelisah ini, bagaimana Anda bisa mengatasinya?
Ketika Anda merasa gelisah tanpa alasan yang jelas, ini biasanya karena Anda membiarkan perasaan gelisah 'membusuk' dan menumpuk seiring berjalannya waktu. Untuk bisa memahami akar permasalahannya, ini waktunya untuk ‘menggali’ diri Anda lebih dalam.Dengan 'menggali' lebih dalam, biasanya Anda dapat menemukan sesuatu yang tersimpan di dalam diri, sesuatu yang tidak ingin atau belum Anda hadapi sebelumnya. Inilah waktu yang tepat untuk menghadapinya supaya masalah gelisah tanpa sebab ini bisa ditemukan akar permasalahannya.Jika Anda merasa gelisah tanpa tahu penyebabnya, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut sebagai kemungkinan penyebabnya.

1. Melenceng dari tujuan hidup

Apakah Anda memiliki tujuan dan target hidup yang telah ditentukan? Kadang rasa gelisah atau cemas dapat muncul ketika Anda keluar dari jalur dan kehilangan arah dari tujuan hidup tersebut.Bisa jadi karena Anda berhenti melakukan hal-hal yang membuat diri Anda senang dan puas, atau karena pekerjaan atau gaya hidup Anda yang tidak sesuai dengan keahlian dan kebutuhan Anda.

2. Kesepian dan perasaan tidak memiliki seseorang yang bisa diandalkan

Merasa kesepian pada waktu tertentu merupakan hal yang manusiawi. Oleh karena itu, penting untuk memiliki support system di sekitar Anda, baik dalam bentuk keluarga, pasangan, hingga teman dekat.Tanpa mereka, Anda akan kesulitan menceritakan hal-hal penting dalam hidup dan merasa seperti mengarungi kerasnya kehidupan sendirian.

3. Rasa 'terjebak'

Perasaan ini bisa terjadi dalam bentuk pekerjaan yang tidak Anda nikmati tapi bisa menghidupi diri atau keluarga, atau  yang toxic tapi Anda ingin mempertahankannya.Kadang Anda bisa berakhir pada situasi yang tidak pernah direncanakan sebelumnya dan tidak lagi mendukung tujuan hidup Anda.Di samping ketiga hal di atas, masalah-masalah di masa kecil yang belum Anda hadapi atau tangani juga bisa dianggap sebagai kemungkinan penyebab rasa gelisah tanpa sebab.

penulis :indah rahayu

Artikel Terkait