Ticker

6/recent/Ticker-posts

Bahaya yang Mengancam Anak-anak Atau Pelajar yang Kecanduan Game Online


Game online mobile Legend saat ini sangat banyak di gandrungi berbagai kalangan masyarakat. Game  yang satu ini disebut sebut mengalahkan game Pokemon GO pada 2016 yang lalu. Tak hanya kaum remaja, anak-anak dibawah umur sampai orang dewasa juga ikut memainkan game ini. Semenjak adanya game ini, anak-anak menjadi kecanduan bermain game online.

Karena game ini anak jadi gila main game sampai lupa untuk belajar, otak sudah kecanduan. Game ini mengubah pola pikir anak sehingga keinginannya untuk belajar pun menurun.

Begitu juga orang dewasa yang sudah kecanduan dengan game ini. Pekerjaan terabaikan. Bahkan tak jarang orang yang sudah kecanduan akan mencuri-curi waktu saat jam kerja untuk memainkan game yang satu ini

Lantas tahukah Anda dampak negatif apa saja yang akan di dapatkan jika sudah kecanduan game online? 

1.Merusak mata

Ketika anak bermain game online, mata anak akan terfokus pada layar gadget. Lama kelamaan penglihatan akan jadi berkurang dan menyebabkan mata kering, 

Dan apabila anak melihat game terus menerus membuat mata lelah mata ini sangat berbaya pada anak karena akan menyebabkan mata minus.

2. Kesehatan motorik anak berkurang dan  menurun

Jika anak lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online dengan gadget, maka anak akan kehilangan waktu mainnya dengan teman seusianya. Di usia anak yang masih muda jangan biarkan mereka terlalu terlena dengan permainan yang bisa menutup jiwa sosial mereka seperti game online.

Dengan bermain game terus-menerus dan berdiam diri saja didalam rumah anak akan mengalami penurunan motorik. Sehingga apabila belajar dia tidak dapat menaggkap pelajaran yang diberikan.

3 Tidak mengajarkan anak untuk hemat

Bemain  game ini menggunakan kuota internet. Apabila kuotanya sudah habis maka anak minta lagi kepada orang tuanya, jika terus-menerus dilakukan itu bisa jadi pemborosan. 

Bagi orang tua pantaulah anak saat bermain game online. Berilah mereka batasan waktu untuk bermain game.  Ajarkan mereka asyiknya bermain meski tanpa game online.

Semoga bermanfaat 


Penulis: Indah Rahayu

 





Artikel Terkait