Cara Mengatasi Insomnia Agar Kualitas Tidurmu Jadi Lebih Baik


Cara mengatasi insomnia tak cukup hanya dengan mengkonsumsi obat tidur. Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar anda dapat melakukan pengobatan secara efektif.
Ada banyak hal yang menyebabkan insomnia, beberapa hal umum yang memicu insomnia adalah stres, perubahan kegiatan setiap harinya dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.
Tak hanya kesehatan mental seseorang juga dapat menyesuaikan insomnia misalanya dengan mengatasi depresi dan kecemasan. Selain itu anda juga harus bisa mengatur pola hidup anda. Jika tidak bisa mengatur pola hidup insomnia sulit untuk di atasi.

Ganguan tidur atau insomnia yang anda alami bisa ditandai dengan beberapa gejala berikut:
- Kesulitan tidur
- Sering terbangun di malam hari dan susah untuk tidur lagi
- Bangun terlalu pagi
- Merasa lelah saat bangun

Jenis insomnia dan faktanya

Insomnia dibagi dua yaitu insomnia sekunder dan primer

Insomnia sekunder, berarti orang yang susah tidur dan mengalami gangguan kesehatan, seperti asma depresi,radang sendi dan kanker dan radang di ulu hati. 

Insomnia Primer, berarti orang mengalami masalah tidur yang tidak langsung dengan kondisi  atau masalah kesehatan lainnya. 

Cara yang dapart anda lakukan untuk mengatsi insomnia ini yaitu :

Olahraga secara rutin 

Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang rutin olahraga selama 60 menit sebanyak 3-4 kali seminggu bisa tidur satu jam lebih lama daripada mereka yang tidak rutin olahraga.

Kelola stres dengan baik

Kelola stres dengan mulai dari membuat jurnal, tidur lebih awal, atau merilekskan otot tubuh sebelum tidur.

Konsumsi jenis makanan tertentu

Konsumsi makanan yang banyak mengandung asam amino agar tubuh bisa lebih rileks. selain itu hindari pula makanan yang justru membuat anda lebih sulit tidur seperti makanan berlemak, makanan pedas dan hindari mengkonsumsi kopi.


Penulis: Indah Rahayu


Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama