Cara Pola Hidup Anak Kos Kosan Agar Tetap Memiliki Uang Di Akhir Bulan



artikel, indometro.id - Bagi anak kok banyak yang tidak tau bahwa bagaimana menghemat uang nya setiap akhir bulan bisa mengandalkan stok mie instan apa lagi yang masih  kuliah dan belum memiliki penghasilan sendiri.

Kemampuan untuk mengatur keuangan memang harus di miliki setiap mahasiswa untuk dapat hidup di perantauan tak peduli akan  berapa pun uang bulanan yang di kirim terasa tidak cukup jika tidak bisa digunakan.

Apalagi kalau harga di kos kosan semua mahal dibandingkan dengan di kota mu pasti  akan terasa berat kan dan kamu tergoda dengan gaya hidup yang tidak sesuai dengan saldo rekening mu.

Kalau begitu harus siap menerima maka kamu harus siap- siap krittis akhir bulan Persiapan mental, menjelang ngkos itu sanggat penting karena bagaimana di tinggal jauh dari orang tua.

Kalau tinggal sama orang tua semua selalu di siap kan oleh orang tua dari makan sampai fasilitas sudah tersedia hari pertama dan seterusnya akan kamu lakukan sendiri sebelum ngkos sebaiknya kamu lakukan pekerjaan rumah sendiri.

Memilih kos-kosan lokasi tempat kos ada banyak hal pikirkan dari jauh jauh hari dan merekondisi kan ke tempat saudara yang ditujukan dan melihat tempat kos yang kita tuju,kamar yang ingin ditempati , pemilik dan penghuni, lingkungan dan masyarakat transfortasi yang dekat dengan sekolah atau kampus dan warung berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Menata kamar kos dimanapun kenyamanan sangat penting agar bisa betah tinggal di kos kosan yang sudah di lengkapi dengan fasilitas dasar seperti kasur meja belajar dan ada juga yang hanya kamar saja maka itu bila sudah menemukan tempat kos orang tua agar mereka orang tua bisa memindahkan barang yang ada dirumah agar tidak membeli lagi .

  • - Pilih lah tempat yang strategis

 Lokasi yang dapat mempengaruhi  pengeluaran mu lho kok bisa? Ya bisa lah apa bila  kos kosan jauh dari  kampus pasti akan mengeluarkan biaya  untuk ongkos.
 Maka pilihlah tempat yang strategis dan dekat  dari kampus   apa kamu mau yang murah tapi jauh dari kampus atau dekat tapi harganya sedikit mahal.

  • -Membuat list keperluan

Sebelum kamu mengambil uang di ATM kamu sudah merincikan barang mana yang harus di perlukan dan mana yang tidak  dibutuhkan, pertama kamu alokasi kan uang mu buat bayar kos kosan dan makan mu sehari hari, jangan pernah memegang uang cash begitu banyak  agar kamu tidak boros catat pengeluaran mu agar tidak boros dan terarah.

  • -Belajar masak sendiri

 Kamu dapat menghemat  uang mu karena  kamu dapat menghemat  uang dan menggunakan uang mu itu untuk keperluan lain yang lebih dibutuhkan dari  pada kamu membeli lebih bagus kamu dapat memasak sendiri .

Penulis: indah Rahayu
Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama