Ticker

6/recent/Ticker-posts

Asyik...BLT Karyawan Tahap 3 Cair,Tapi Tahap 2 Belum Diterima, ini Kata Menaker

Menaker RI

Musirawas .indometro.id. - BLT karyawan tahap 3 akhirnya mulai disalurkan ke BNI, BRI, Mandiri, dan bank swasta pada Senin (16/11/2020),namun ternyata banyak karyawan di kabupaten  musirawas yang belum mengetahui kabar baik ini.

Lalu, bagaimana dengan pekerja yang belum menerima BLT karyawan tahap 2?

Melansir dari akun Instagram @kemnaker, Senin (16/11/2020), disebutkan bahwa Kemnaker menyalurkan subsidi gaji kepada 3.149.031 pekerja.

Total anggaran yang digunakan untuk BLT karyawan tahap 3 mencapai Rp3,77 triliun. Sementara itu, total penerima BLT karyawan gelombang 2 mulai dari tahap I hingga III sebanyak 8.042.847 pekerja.  Dari jumlah tersebut, ternyata masih banyak pekerja yang mengeluh belum menerima subsidi gaji. 

Terkait hal tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah meminta para pekerja yang belum menerima subsidi gaji tahap I-II untuk bersabar.  Pasalnya, penyaluran BLT karyawan gelombang 2 masih dalam proses, baik tahap I hingga II.

Hasil pantauan jurnalis indometro musirawas di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit swasta berhasil mewawancarai salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Saat ditanya apakah sudah menerima BLT karyawan tahap 3? Karyawan yang enggan menyebutkan namanya menuturkan kalo dirinya belum mendapatkan informasi dari pihak perusahaan terkait pencarian BLT karyawan tahap 3 tetapi biasanya BLT tersebut langsung masuk ke rekening gajinya,semoga saja BLT karyawan itu cepat cair,lumayan bisa untuk tambahan biaya hidup,ucapnya penuh semangat.

Berikut keterangan lengkap yag disampaikan akun @kemnaker.

@kemnaker kembali menyalurkan bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah termin kedua untuk para penerima yang masuk dalam tahap (batch) III. Pada batch III ini, @Kemnaker menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 3.149.031 pekerja/buruh dengan anggaran mencapai Rp3,77 triliun.

Dengan disalurkannya tahap III, secara keseluruhan pada termin kedua ini Kemnaker telah menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 8.042.847 pekerja/buruh.

Sebelumnya, pada tahap I, Kemnaker menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 2.180.382 pekerja/buruh, dan pada tahap II disalurkan kepada 2.713.434 pekerja/buruh. Jumlah anggaran yang untuk ketiga tahap pada termin kedua ini mencapai Rp9,65 triliiun.

“Hari ini, termin kedua subsidi gaji/upah untuk tahap III kembali disalurkan Sesuai dengan komitmen yang telah kami sampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji/upah kami percepat karena datanya mengacu pada para penerima di termin I yang lalu yang sudah clear and clean. Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19” kata Menaker Ibu @idafauziyahnu melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker pada hari Senin (16/11).

Jika dilihat dari realisasi sementara penyaluran subsidi gaji/upah termin kedua, tahap I telah tersalurkan kepada 844.083 pekerja/buruh atau 38,71 persen. Sedangkan tahap II telah tersalurkan kepada 685.427 pekerja/buruh atau 25,26 persen. Jumlah anggaran yang sementara tersalurkan dari tahap I dan II sebesar Rp1,8 triliun.

Laporan sementara dari Bank Penyalur per 15 November kemarin, realisasi penyaluran untuk termin kedua secara total tahap 1 dan tahap 2, sudah mencapai 1,5 juta orang.

"Sisanya masih dalam proses penyaluran dan terus kami monitor perkembangan penyalurannya. Saya mohon agar para pekerja/buruh bersabar karena jumlah dana yang harus ditransfer Bank Penyalur ke masing-masing rekening penerima cukup besar, baik yang rekening nya Bank Himbara maupun yang rekeningnya Bank Swasta," kata Ibu Ida.

(Musyanto)



Artikel Terkait