-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    WHO Siap Bantu Vaksin Covid-19 Untuk Indonesia

    redaksi
    Sabtu, 17 Oktober 2020, Oktober 17, 2020 WIB Last Updated 2020-10-17T06:55:51Z

    Ads:

    Menlu Retno Marsudi
     

    indometro.id - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan salah satu lembaga di bawah Badan Kesehatan Dunia (WHO) setuju membantu ketersediaan vaksin Covid-19 untuk Indonesia, seperti dilansir CNN Indonesia

    Retno menjelaskan, dalam pertemuan multilateral di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Unicef, dan CEO Aliansi Vaksin Dunia (Gavi) Covax Facility milik WHO, bersama pemerintah Indonesia telah menjalin kerja sama strategis dalam pengelolaan vaksin dan penanganan pandemi Covid-19.

    "Tujuan berbagai pertemuan antara lain terus menjalin konsultasi dan komunikasi secara intensif dengan berbagi organisasi tersebut, dalam pengelolaan vaksin Covid-19 dan kerja sama strategis lainnya," ujar Retno dalam jumpa pers daring, Jumat (16/10).

    Dalam pertemuan multilateral tersebut, Retno menyampaikan keinginan Indonesia menjadi bagian dari Covax Advance Market Commitment (Covax AMC) untuk membantu pengembangan dan distribusi vaksin Covid-19.

    Menurutnya, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengamankan vaksin Covid-19. Meski demikian, pihaknya selalu menekankan pentingnya keamanan dan efikasi dari vaksin tersebut.

    "Proses pengembangan vaksin cukup rumit, selalu ada risiko dan ketidakpastian dalam proses pengembangannya. Dalam pertemuan-pertemuan tadi, Indonesia menyampaikan upaya yang telah dilakukan untuk mengamankan vaksin, serta selalu menekankan pentingnya keamanan dan efikasi dari vaksin Covid-19," jelas Retno.

    Pemerintah Indonesia juga menyampaikan secara khusus surat berisi keinginan untuk bergabung dalam pengembangan vaksin Covid-19 dengan Covax AMC.

    Sebelumnya, pada 18 September lalu, Presiden Joko Widodo telah mendapatkan surat dari Gavi berisi kelayakan Indonesia menerima Official Development Assistance atau ODA dalam pengembangan vaksin yang dilakukan oleh Covax AMC.

    Retno mengatakan, dalam surat itu, Gavi juga mengharapkan kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.

    "Sebagai tindak lanjut surat tersebut, dalam pertemuan tadi, Indonesia secara resmi menyampaikan surat berisi expression of interest Indonesia dalam bergabung Covax AMC. Semua detail penyediaan vaksin multilateral ini tentunya masih terus dibahas bersama," kata Retno.

    Lebih lanjut, pihaknya juga menyampaikan surat expression of interest ini kepada WHO. Dalam pertemuan pemerintah Indonesia dengan WHO, Retno kembali menekankan dukungan multilateral dalam pengembangan vaksin.

    "Indonesia juga tekankan peningnya semua negara dunia untuk memperkuat solidaritas antar negara agar bisa mengatasi pandemi ini secara bersama dan segera," tuturnya.

    (Ibrahim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini