-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Kasdam IX/Udayana Mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Libur Panjang Antisipasi Pencegahan Dan Penularan Covid-19

    redaksi
    Senin, 26 Oktober 2020, Oktober 26, 2020 WIB Last Updated 2020-10-26T03:37:07Z

    Ads:

     Rapat Koordinasi Persiapan Libur Panjang Antisipasi Pencegahan Dan Penularan Covid-19

    Denpasar Bali .indometro.id - Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional melalui video conference (vidcon) yang dipimpin langsung oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, bertempat di Ruang Yudha Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Minggu (25/10/2020) malam.

    Rakor yang diikuti oleh masing-masing Satgas Penanganan Covid-19 di daerah serta TNI dan Polri tersebut, membahas tentang Persiapan Akhir Antisipasi Pencegahan dan Penularan Covid-19 terkait Antisipasi libur panjang dari tanggal 28 Oktober sampai dengan 1 November 2020.

    Ketua Satgas Pusat menekankan, agar tetap meningkatkan pengawasan dengan menerapkan protokol kesehatan guna menanggulangi penyebaran Covid-19 dalam mengantisipasi libur panjang tersebut, khususnya di tempat-tempat wisata, tempat ibadah keagamaan, pusat perbelanjaan, pasar-pasar tradisional dan transportasi angkutan umum.

    "Hal-hal yang sudah dipersiapkan dengan baik dalam menghadapi hari libur dan cuti bersama tersebut agar ditingkatkan, termasuk di lokasi pariwisata/perbelanjaan, serta antisipasi kesiapan rumah sakit reagen, testing dan tracing, pada seminggu setelah libur panjang," kata Ketua Gugus Tugas Nasional.

    Lebih lanjut Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, kerjasama antara pusat dan daerah yang didukung seluruh instansi terkait lainnya ini akan menjadi salah satu cara kerja yang paling efektif. Liburan yang aman dan juga nyaman tanpa kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan sudah menjadi suatu kewajiban untuk memutus penularan Covid-19 yang dilakukan dengan cara 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

    "Secara umum, saat ini terjadi tingkat kesembuhan yang cukup signifikan di 9 Provinsi prioritas termasuk Provinsi Bali, oleh karena itu kerja sama antar semua pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sangatlah diharapkan, mengingat dan belajar dari pengalaman beberapa bulan lalu yaitu angka positif Covid-19 terdapat kenaikan yang cukup signifikan selama masa libur panjang saat itu," ujar Pati TNI bintang tiga tersebut.

    Sementara itu, Waasops Panglima TNI Marsekal Pertama ‎TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han., dalam kesempatan tersebut pada intinya menyampaikan bahwa TNI siap untuk melaksanakan pengawasan dan pendisiplinan masyarakat dengan penerapan peraturan kesehatan 3M terutama di tempat-tempat yang akan banyak dikunjungi oleh masyarakat pada saat libur panjang kedepan.

    "Seluruh satuan TNI yang tersebar diseluruh Kodam se Indonesia telah melaksanakan Rakor guna mendukung pemerintah daerahnya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dalam mengantisipasi libur panjang tersebut dengan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan terutama pada tempat-tempat yang akan dikunjungi masyarakat," ucap Waasops Panglima TNI.

    Pihaknya juga mengatakan bahwa TNI telah melaksanakan apel siaga Covid-19 serta melaksanakan penebalan pasukan dengan memaksimalkan patroli rutin gabungan TNI, Polri dan stakeholder lainnya dalam melakukan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dalam penerapan pendisiplinan masyarakat.

    "TNI dan Polri akan selalu berkoordinasi dengan Satgas daerah untuk kesiapan Rumah Sakit Darurat khususnya Hotel-hotel untuk penempatan pasien yang terpapar Covid-19 harus sudah siap dioperasionalkan termasuk mempersiapkan fasilitas bedah jika diperlukan," tegas Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.I.P., M.Han.

    Turut hadir mendampingi Kasdam IX/Udayana dalam vidcon tersebut antara lain Asops Kasdam IX/Udayana, Asintel Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Karumkit Tk. II Kodam IX/Udayana dan Kapuskodalopsdam IX/Udayana. 

    (Nugraha)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini