Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pemerintah Kota Pematangsiantar Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN RI

Pemerintah Kota Pematangsiantar Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN RI

Pematangsiantar.indometro.id
-Wali Kota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Ny Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat menerima penghargaan Manggala Karya Kecana (MKK) Tahun 2020 dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI. Penghargaan diberikan oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Drs Temazaro Zega MKes di Aula Serbaguna Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Pematangsiantar, Selasa (22/9/2020) pagi.

Syahputri Hefriansyah menjadi salah satu penerimaan penghargaan MKK karena dinilai berhasil dalam menggerakkan partisipasi masyarakat dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Kota Pematangsiantar.

Walikota Pematangsiantar Dr H Hefriansyah SE MM dalam sambutannya mengucapkan syukur atas prestasi tersebut.

"Alhamdulillah, kita semua patut berbangga hati. Kota Pematangsiantar kembali meraih penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020. Anugerah Manggala Karya Kencana adalah penghargaan tertinggi yang diberikan Kepala BKKBN Pusat kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi, inovasi, dan karya yang menonjol serta bermanfaat terhadap pembangunan Kependudukan, Keluarga dan Keluarga Berencana yang sekarang disebut Bangga Kencana, yaitu program dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera " terangnya.

Masih kata Hefriansyah, anugerah ini diraih oleh Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Ny Syahputri Hefriansyah dari BKKBN pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2020. Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan yang besar, karena sebelumnya Walikota Pematangsiantar telah meraih penghargaan MKK pada peringatan Harganas ke-26 tingkat Nasional di Kota Banjarbaru, Banjarmasin.

"Perlu saya sampaikan, Pemerintah Kota Pematangsiantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana senantiasa eksis dan berkomitmen penuh mendukung program nasional dalam perkembangan program keluarga berencana dan pembangunan keluarga sejahtera," sebutnya.

Hefriansyah mengajak masyarakat berperan serta untuk dapat terus bersinergi mendukung suksesnya program Keluarga Berencana yang berkesinambungan di Kоtа Pematangsiantar. Sebab keluarga adalah tempat/wadah pertama yang harus dibenahi. 

"Seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan. Suami, istri, dan anak harus senantiasa dapat hidup rukun serta mampu berusaha menciptakan keluarga yang harmonis. Anak harus mendapat perlindungan dan pendidikan yang layak. Kekerasan dalam rumah tangga harus kita hindarkan. Gizi yang cukup pendukung kesehatan harus menjadi prioritas yang utama dalam menciptakan keluarga kecil, bahagia, sejahtera," jelas Hefriansyah.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah menyampaikan apresiasi atas keberadaan TP PKK Kota Pematangsiantar yang turut berperan aktif mendukung program Keluarga Berencana dalam peningkatan keluarga sejahtera. 

"Teruslah berkarya, berikan yang terbaik untuk warga Kota Pematangsiantar. Seluruh pengurus PKK berbagai tingkatan beserta kader harus saling bahu-membahu memberikan yang terbaik, menyukseskan program keluarga kecil bahagia di Kota Pematangsiantar," pesannya. 

Hefriansyah juga mengimbau instansi terkait, stakeholder, serta para kader PKK dapat saling menopang untuk menyukseskan Program Bangga Kencana di Kota Pematangsiantar agar semakin Mantap, Maju, dan Jaya.

Hefriansyah juga mengingatkan, di masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) saat ini, agar seluruh masyarakat tetap dapat mematuhi protokol kesehatan dengan selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dengan menghindari kerumunan, dan lebih sering mencuci tangan pakai sabun. 

"Mari kita semua berdoa dan memohon kepada Allah SWT, kiranya wabah Covid- 19 dapat segera berlalu, sehingga kita semua dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala," tuturnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar Ny Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat menyampaikan, penghargaan tersebut sejatinya merupakan penghargaan bagi seluruh masyarakat Kota Pematangsiantar. Sebagai Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar, dirinya hanya melaksanakan kewajiban dan terus menggelorakan semangat membangun keluarga serta melakukan kampanye untuk mengajak masyarakat berperan aktif menyukseskan program Keluarga Berencana.

“Sebenarnya kami hanya menjalankan tugas kami untuk menyampaikan program-program pemerintah, khususnya program pembangunan keluarga dan Keluarga Berencana. Kalaupun kemudian dinilai berhasil oleh pemerintah, ini merupakan keberhasilan seluruh warga Kota Pematangsiantar,” ungkap Syahputri.

Syahputri berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi dirinya, seluruh pengurus dan kader PKK di seluruh wilayah Kota Pematangsiantar untuk lebih giat lagi mengajak masyarakat berperan aktif melaksanakan program pembangunan keluarga dan Keluarga Berencana. Karena menurutnya, masyarakat yang tangguh terbentuk dari keluarga yang tangguh.

"Kita bersyukur dengan adanya penghargaan ini. Tapi bukan menjadi sekadar kebanggaan bagi kita. Justru kami berharap, penghargaan ini bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi kita semua untuk bisa melakukan yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sedangkan Kepala Dinas PPKB Kota Pematangsiantar Drg Rumondang Sinaga menerangkan, penghargaan MKK bagi Syahputri Hefriansyah tercantum dalam Petikan Keputusan Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Nomor: 137/KEP/G2/2020 tentang Penerima Tanda Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana Tahun 2020. 


(RH)