Percepat Proses Rehab Rekon, Danrem Instruksikan Jajaran Kedepankan Skala Prioritas - Indometro Media

Berita Terbaru

Wednesday, May 1, 2019

Percepat Proses Rehab Rekon, Danrem Instruksikan Jajaran Kedepankan Skala Prioritas

Baca Juga


LOMBOK BARAT,INDOMETRO.ID - Proses pembangunan rehab rekon terpadu pasca gempa hingga saat ini masih terus berjalan. 

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., memberikan instruksi langsung kepada masing-masing Dandim jajaran yang wilayah teritorialnya terkena dampak gempa. 


Hari ini, Selasa (30/4), Dandim 1606/Lobar Letkol Czi Djoko Rahmanto, S.IP., melakukan pembongkaran salah satu rumah warga yang rusak berat akibat gempa di Dusun Tegal Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Lombok Barat. Kehadiran Dandim Lobar didampingi Kadus Tegal Bahrun disambut baik oleh pemilik rumah Trisna.


"Saya kesini datang untuk melihat dan mengecek rumah yang akan dibongkar dan dirobohkan," ujar Dandim Lobar.


Menurutnya, untuk membantu merobohkan rumah tersebut, pihaknya memgerahkan personel Yonzipur 18/YKR sebanyak 14 orang dipimpin Dankinya Lettu Czi Heru Trianto bersama anggota Posramil Kuripan dipimpin Danramil 1606-04/Gerung Kapten Inf Maturidi.


Perobohan rumah tersebut dilakukan secara manual mulai dari pagi hingga selesai dan disaksikan Kadus setempat bersama warga. 


Sementara pemilik rumah Trisna dilokasi mengucapkan terimakasih kepada Danrem, Dandim dan jajarannya yang telah memberikan bantuan untuk merobohkan rumahnya. "Alhamdulillah beban kami berkurang, tinggal melakukan proses pembangunan," ungkap Trisna.



Terpisah, Danrem 162/WB menyampaikan proses percepatan rehab rekon terpadu sesuai konsep kedepan akan dibuatkan skala prioritas dimasing-masing kecamatan dengan menentukan dan menggilir desa yang akan dilakukan rehab rekon.


"Jadi nanti pembangunan dengan skala prioritas, masing-masing kecamatan menentukan desa mana yang menjadi prioritas utama sehingga para fasilitator sumber daya yang ada juga konsen menyelesaikan desa tersebut. Setelah itu pindah lagi ke desa berikutnya dan begitu seterusnya," jelas Danrem.


Berdasarkan hasil evaluasi, Lanjutnya, proses rehab rekon seperti sekarang ini dinilai masih lamban sehingga harus terus dipacu dengan metode dan strategi yang berbeda dengan harapan batas waktu hingga tanggal 25 Agustus mendatang, rehab rekon sudah finish.  


Sebagai informasi, progres rehab rekon pasca gempa NTB hingga tanggal 29 April 2019, rumah yang sudah selesai dikerjakan sebanyak 26.897 unit dengan rincian rumah rusak berat 5.751 unit, rumah rusak sedang 4.683 unit dan rumah rusak ringan sebanyak 16.463 unit. 



Sementara yang masih dalam proses pengerjaan sebanyak 62.511 unit dangan rincian rumah rusak berat 18.147 unit, rumah rusak sedang 12.605 unit dan rumah rusak ringan sebanyak 31.759 unit.( Trisna NTB)

No comments:

Post a Comment