PKPU-HI Bekerjasama Dengan IDI Beri Layanan Kesehatan Korban Gempa Lombok

Daftar Isi
PKPU-HI Bekerjasama Dengan IDI Beri Layanan Kesehatan Korban Gempa Lombok
foto
INDOMETRO.ID. Lembaga Kemanusian Nasional PKPU Human Initiative (PKPU-HI) terus melakukan berbagai upaya membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan obat-obatan kepada puskesmas dan layanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

"Pemberian bantuan dan layanan kesehatan ini bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wonogiri, Jawa Tengah," kata Manajer Humas PKPU Human Intiative, Muhammad Sukismo dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (15/8).

Salah satu lokasi tempat penyaluran bantuan, lanjutnya, adalah Puskesmas di Kecamatan Kayangan dan Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, NTB. Pemberian bantuan obat-obatan itu dilakukan oleh Ketua IDI Wonogiri, di kedr. Martanto.

"Bantuan obat-obatan yang diberikan cukup untuk 500 pasien. Usai pemberian bantuan, dilanjutkan aksi layanan kesehatan di pos pengungsi," terangnya.

Lokasi penyaluran bantuan, terang dia, tergolong cukup sulit untuk dijangkau karena berada jauh dari pusat kota Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan menuju dusun-dusun di kecamatan tersebut juga agak sulit karena daerahnya berada di atas perbukitan.

Karena sulitnya lokasi dan terbatasnya tenaga relawan, bantun sembako yang sudah masuk belum bisa didistribusikan secara menyeluruh dan merata.

"Bantuan yang datang masih banyak yang menumpuk di kantor-kantor Kepala Desa, karena belum sempat didistribusikan ke dusun-dusun yang memerlukan bantuan sembako," ungkap Sukismo.

Sementara, untuk layanan kesehatan yang di lakukan dapat melayani 68 pasien, dengan 99 KK dan 223 jiwa keluarganya.

"Kebanyakan dari mereka selain terserang penyakit ISPA juga ada yang berobat luka-luka dan memar-memar, akibat tertimpa sebagian bangunan yang roboh kerana gempa," tandas Sukismo.(rmol)

Posting Komentar

banner image
Ads:

banner image
JustMarkets