GP NasDem Sumut Gelar Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Ziarah ke TMP - Indometro Media

Berita Terbaru

Friday, August 17, 2018

GP NasDem Sumut Gelar Upacara Detik-Detik Proklamasi dan Ziarah ke TMP

Baca Juga

Pengurus GP NasDem menggelar kegiatan ziara ke TMP Bukit Barisan dalam rangkaian peringatan HUT RI ke 73/ist
MEDAN, INDOMETRO.ID- Garda Pemuda NasDem Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Sumatera Utara, turut menggelar kegiatan upacara bendera memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73, Jumat (17/8/2018).
Selain diikuti oleh Pengurus Garda Pemuda NasDem DPW Sumatera Utara, acara yang digelar di halaman Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem Sumatera Utara, Jl Monginsidi 30 Medan tersebut, juga diikuti oleh Pengurus Partai NasDem Sumatera Utara serta Organisasi Sayap Partai NasDem diantaranya DPW Setia NasDem Sumatera Utara, DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut, DPW Rescue NasDem Sumut, DPW Gayantara NasDem Sumut, DPD Garda Pemuda NasDem Kota Binjai dan DPD Garda Pemuda NasDem Kabupaten Langkat. Bertindak sebagai Inspektur Upacara dr Tuahman Purba .
Acara yang diikuti tidak kurang 150 peserta, berjalan dengan khidmat. Upacara Bendera dibuka oleh protokol, Elladira, Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara. Acara dimulai dengan penghormatan kepada Komandan Upacara, Sandro Sihite, Komandan BARET Garda Pemuda NasDem DPW Sumatera Utara.
Tahapan upacara berlanjut dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Tim Paskibra Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara yang diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin Supiani. Kemudian seluruh peserta mengheningkan cipta pada para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dipimpin oleh Inspektur Upacara.
Kemudian dilakukan Pembacaan Teks Proklamasi oleh Sekretaris Garda Pemuda NasDem DPW Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu, dan pembacaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua Bidang Koperasi, UKM dan Ekonomi Kreatif, Robby Hartono, ST. Pembacaan teks Pancasila sendiri dibacakan Inspektur Upacara dr Tuahman Purba dan ditutup dengan doa oleh Wakil Ketua Bidang Agama Garda Pemuda NasDem DPW Sumatera Utara, Ustadz Muhammad Harmain.
Sebelumnya, dr Tuahman Purba, dalam amanatnya mengajak untuk menyukuri Rahmat dan Nikmat Tuhan Yang Maha Esa kepada Bangsa Indonesia berupa kemerdekaan. “Rasa syukur sangatlah pantas kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab dengan rahmatNya, Bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan,” katanya membacakan Amanat dari Ketua DPW Partai NasDem Sumatera Utara, HT Erry Nuradi.
Harapannya, bangsa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar, sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. “Pernah dalam suatu masa, Bangsa Indonesia menjadi momok menakutkan bagi musuh-musuh Indonesia dan menjadi sahabat paling setia bagi bangsa-bangsa terjajah di dunia,” ungkap Tuahman dalam amanatnya.
Ditekankannya juga, tugas kader Partai NasDem dalam mengisi kemerdekaan adalah menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan visi dan misi Partai NasDem yakni mewujudkan Restorasi Indonesia.
“Restorasi Indonesia dimulai dengan merubah diri sendiri terlebih dahulu. Apa-apa yang sudah baik dalam diri setiap pribadi, dirubah menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.
Usai peringatan detik-detik proklamasi yang berjalan dengan lancar dan sukses, Sekretaris Garda Pemuda NasDem DPW Sumatera Utara, Defri Noval Pasaribu kepada wartawan menyatakan bahwa upacara bendera yang digelar oleh Garda Pemuda NasDem Sumatera Utara ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalisme di kalangan pemuda.
“Nasionalisme yang dahulu menyatukan bangsa dan rakyat Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, harus ditularkan kepada generasi millenial saat ini. Dengan rasa cinta tanah air, cinta pada bangsa, cinta pada negara, cinta pada pancasila dan menjunjung bhinneka tunggal ika, maka Indonesia ke depan memiliki generasi muda yang siap berada paling depan mengharumkan dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia,” papar Defri yang didampingi pengurus DPW Garda Pemuda NasDem Sumut diantaranya, Syapala, Erik Siburian, T.Azmir Syahputra, Sulafmi Umar, Jasmir, Elviana, Dana, Mitha, Rindu Irianty, Rhymer LM.Mustary, Giska HD.Mustary dan Saleh Nasution.
Setelah melaksanakan upacara detik- detik Proklamasi 17 Agustus, seluruh peserta melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan di Jl Sisingamangaraja, Medan yang langsung dipimpin oleh Defri Noval Pasaribu dan dr Tuahman Purba.(ol)

No comments:

Post a Comment