-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    TNI Bersama Masyarakat Perbaiki Tanggul Krueng Keureutoe

    Selasa, 05 Januari 2021, Januari 05, 2021 WIB Last Updated 2021-01-05T03:36:06Z

    Ads:

    TNI bersama masyarakat bergotong royong perbaiki tanggul 

    Aceh Utara, indometro.id - Sebagai langkah tanggap bencana yang ada di wilayah binaannya, Serka Manurung selaku Babinsa Desa Kuta Lhoksukon Dusun V bersama personel Koramil 08/Lsk, berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk mengajak warganya melaksanakan kegiatan karya bakti guna membuat penahan banjir agar saat hujan turun. Hal itu dilakukan agar air tidak menggenangi wilayah binaannya.

    Kegiatan karya bakti yang diikuti oleh unsur TNI dari Koramil 08/Lhoksukon dan warga Desa Kuta Lhoksukon Dusun V Kecamatan Lhoksukun, Kabupaten Aceh Utara di fokuskan memperbaiki tanggul di pinggir sungai yang jebol pada hari Minggu (04/01/2021).

    Kegiatan tersebut disambut baik oleh warga yang saling bergotong royong dengan personel TNI dari Koramil 08/Lsk, Kodim 0103/Aceh Utara.

    Dikatakan Serka Manurung, wilayah binaannya tersebut hampir setiap tahunnya saat musim hujan turun selalu mengalami kebanjiran akibat luapan air sungai. Tanggul yang selama ini ada, selalu rusak dan tergerus air sehingga air kerap kali masuk ke pemukiman warga sehingga mengakibatkan banjir.

    “Untuk itulah, pada hari ini kita memperbaiki tanggul yang sudah rusak. Karung karung yang sudah kita siapkan, kita isi dengan tanah dan ditumpuk bersilangan agar tanggul kuat dan mampu menahan luapan air sungai. Dengan upaya ini diharapkan warga setempat tidak kebanjiran lagi saat hujan kembali turun,” kata Serka Manurung.

    Ditempat yang berbeda Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang warga Desa Kuta Lhoksukun. Saat hujan deras turun, wilayahnya seringkali terdampak banjir karena letak wilayahnya bersebelahan dengan lokasi aliran sungai Krueng Kerto. Tanggul yang ada selama ini, tidak kuat menahan air sehingga memerlukan perbaikan tanggul agar kuat.

    “Atas masukan dari pak Babinsa, Alhamdulillah niat kita untuk memperbaiki tanggul akhirnya terlaksana. Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa karena selalu peduli dengan keadaan desa kami. Tanpa dorongannya, mungkin pembuatan tanggul ini tidak akan kunjung dibuat karena kesibukan warga,”kata Amri.

    Dikesempatan yang berbeda Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto S.A.P menyampaikan melalui Danramil 08/Lhoksukun Kapten Arm Anas Awaluddin bahwa kegiatan Karya Bakti yang dilaksanakan Babinsa Serka Manurung bersama masyarakat adalah satu wujud kepedulian TNI dengan warga Desa Binaannya. Semoga dengan di laksanakannya karya bakti perbaikan Tanggul yang jebol ini bisa menahan luapan air sungai yang mengakibatkan terjadinya banajir di perumahan warga saat hujan lebat.

    "Dengan turunnya curah hujan yang masih cukup tinggi serta untuk mengantisipasi adanya banjir susulan dari luapan air sungai Krueng Kertor, kerja bakti memperbaiki tanggul yang jebol menjadi salah satu cara untuk antisipasi terjadinya banjir,"ungkap Danramil.

    Mahdi



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini