Ticker

6/recent/Ticker-posts

Hutan Adat Bulian Hutan Yang Dikeramatkan

Hutan Adat Bulian Hutan Yang Dikeramatkan


Musirawas .indometro.idHutan Adat Bulian terletak di Desa Beliti Jaya Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas.  

Untuk mempertahankan kawasan ini, pada Tahun 2004, Bupati Musi Rawas yang dijabat oleh H. Ibnu Amin berinisiatif menetapkan kawasan ini sebagai hutan lindung dan hutan adat. 

Kelestarian hutan bulian ini terjaga karena telah ditetapkan sebagai hutan lindung dan merupakan hutan yang dikeramatkan. 

Sebelum ditetapkan sebagai hutan lindung, kawasan hutan Bulian ini merupakan kebun peninggalan dari kerajaan Ria Lampor (Telapak Libo) yang masuk pada marga Bulang Tengah Suku Tengah (BTS Tengah) Mambang/Bingin Jungut.

Data sementara menyebutkan Hutan Adat Bulian ini memiliki luas keseluruhan + 49 hektar yang dibatasi perkebunan sawit dan karet milik warga dan perkebunan milik PT. Djuanda Sawit yang dijaga oleh 2 orang jagawana Dinas Kehutanan Kabupaten Musi Rawas,Fasilitas yang ada sampai saat ini telah dibangun pos jaga pengamanan hutan.

Selain dikenal sebagai wilayah hutan yang dikramatkan oleh masyarakat adat setempat, hal yang menarik dari Hutan Adat Bulian adalah hutan ini banyak ditumbuhi Pohon Ulin, warga sini menyebutnya kayu besi atau kayu hitam yang kini telah langka, kayu ulin sulit ditemui ditempat lain tetapi di hutan Adat Bulian tumbuh lebih dari 20.000 batang dengan diameter di atas 1,5 meter dengan ketinggian 50 meter. 

untuk ketahanan dan kekerasan Kayu ulin adalah kayu kelas satu,jangan heran jika kayu ulin dijadikan bantalan rel Kereta Api dan sebagai Tiang rumah di atas rawa/tepian sungai karena memang kayu ulin tahan dalam rendaman air. 

Hutan Adat Bulian juga memiliki Potensi yang baik untuk dijadikan sebagai Kebun Raya seperti Kebun Raya Bogor yang ramai dikunjungi sebagai wisata ilmu pengetahuan Botani.

(Musyanto)






Artikel Terkait