-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Gunung Tangkuban Perahu Meletus, Waspada ISPA

    redaksi
    Sabtu, 27 Juli 2019, Juli 27, 2019 WIB Last Updated 2019-07-27T06:35:49Z

    Ads:

    Erupsi gunung Tangkuban Perahu
    Erupsi gunung Tangkuban Perahu
    INDOMETRO.IDMeletusnya Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat, pada 26 Juli 2019, tentu memberikan dampak yang tidak sedikit. Salah satu dampak yang harus diwaspadai adalah berkaitan dengan kesehatan.
    Efek kesehatan yang ditimbulkan dari letusan gunung berapi, salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan (ISPA).
    Dilansir dari Healthline, infeksi saluran pernapasan (ISPA) adalah infeksi menular pada saluran pernapasan bagian atas, termasuk hidung, tenggorokan, faring, laring, dan bronkus.
    ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak dan lansia. Flu merupakan gejala ISPA yang paling mudah dikenali. Gejala lain dari ISPA antara lain, batuk, pilek yang disertai dengan demam.
    ISPA disebabkan oleh virus dan bakteri, namun kebanyakan disebabkan oleh virus sehingga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus atau antibiotik. Tetapi walaupun demikian, Anda harus tetap waspada dan berhati-hati.
    ISPA menular dari satu orang ke orang lain melalui tetesan aerosol dan kontak tangan ke tangan langsung. Risiko tertular ISPA dapat meningkat pada situasi-situasi berikut ini.
    1.Berada di dekat orang yang sedang bersin atau batuk tanpa menutupi hidung dan mulutnya.
    2.Berada di ruangan tertutup atau ramai. Rumah sakit, kantor, sekolah atau tempat penitipan anak dapat meningkatkan risiko tertular ISPA karena kontak berdekatan.
    3.Jika sistem kekebalan tubuh Anda sedang lemah.
    Cara mencegah ISPA
    Perlindungan terbaik adalah sering mencuci tangan dengan sabun dan air. Mencuci tangan diketahui dapat mengurangi paparan sekresi yang dapat menyebabkan infeksi. Beberapa cara lain di antaranya:
    1. Menghindari kontak dengan orang yang sakit.
    2. Membersihkan benda seperti remote control, ponsel dan gagang pintu, yang berpotensi disentuh orang-orang di rumah yang menderita ISPA.
    3.Tutup mulut dan hidung jika Anda sakit
    4.Tetap di rumah jika Anda sedang sakit.
    Gejala ISPA
    Pilek, hidung tersumbat, bersin, batuk dan dahak, adalah gejala khas dari ISPA. Gejalanya disebabkan oleh radang selaput lendir di saluran pernapasan bagian atas. Gejala lain di antaranya, demam, kelelahan, sakit kepala, sakit saat menelan, dan sesak napas.


    ISPA yang disebabkan oleh virus, akan membaik dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, jika gejala yang Anda rasakan tak kunjung membaik, segera periksakan ke dokter.(vv)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini