-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Bau Menyengat Kali Sentiong Di Kemayoran Sudah Berkurang

    redaksi
    Selasa, 24 Juli 2018, Juli 24, 2018 WIB Last Updated 2018-07-24T07:40:26Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Bau Menyengat Kali Sentiong Di Kemayoran Sudah Berkurang
    Kali Sentiong
    INDOMETRO.ID-. Sebulan menjelang Asian Games 2018 berlangsung, petugas UPK Badan Air dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta terus membersihkan sampah-sampah plastik sisa dari Kali Sentiong alias Kali Item di samping Wisma Atlit, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (24/7).
    Meski sudah dipasangi jaring di atas kali, tetap saja Kali Sentiong masih ada sampah, sampahnya sendiri didominasi oleh sampah plastik rumah tangga.

    1px;">Sebelumnya, pada Jumat lalu (20/7), Pemprov DKI mensiaasati aroma tidak sedap di pinggi Wisma Atlit dengan membentangkan jaring hitam sepanjang 650 meter di atas permukaan Kali Sentiong. Hal itu dilakukan agar dapat menghambat proses penguapan sehingga aroma tidak sedap yang berasal dari kali dapat dicegah.

    Pantauan Kantor Berita Politik RMOL pukul 10.30 WIB hari ini, bau menyengat tersebut masih santer tercium. Aroma tidak sedap dibawa oleh angin sehinga tercium oleh warga sekitar.

    "Ya masih bau mas sedikit-sedikit, tapi ya di jam-jam tertentu. Biasanya kan karena angin juga, tapi ini sudah agak mendingan," ujar Anwar salah seorang masyarakat setempat.

    Dari hasil pengamatan tim redaksi bau yang timbul dari kali item ini juga berasal dari tidak berjalannya aliran sungai/ kali sehingga baunya mengendap di satu tempat saja. Ditambah lagi Kali Sentiong yang mengaliri sepanjang Sunter hingga Jembatan Jiung - Bendungan Jago berada di pinggiran pemukiman warga.
    loading... style="background-color: white; box-sizing: border-box; color: #252525; letter-spacing: 1px;" />
    Tidak hanya itu, setiap hari petugas dari UPK Badan Air harus mendorong dengan dayung agar aliran sungai dapat berjalan dengan lancar tanpa tersendat 

    Dengan adanya, jaring di atas permukaan kali, juga dapat mencegah masyarakat sekitar untuk langsung buang sampah ke kali.

    "Gini Mas, dulu kan ada yang bilang masyarakat buang sampahnya di kali. Tapi itu kan ada yang bilang, saya enggak tahu juga. Semenjak di pasang jaring sampah yang ada juga sedikit demi sedikit berkurang kok mas. Semisal, sampah plastik kaya bungkus makanan, sabun cuci pirig," ujar Sunarna salah seorang petugas Satpol PP yang berjaga.

    Dengan adanya jaring di permukaan Kali Sentiong tidak hanya menghambat bau tidak sedap yang keluar, tapi juga mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat dimulai dari buang sampah pada tempatnya.

    Nantinya, para Atlit Asian Games 2018 akan menghuni Wisma Atlit di Kemayoran yang lokasinya berada disamping persis Kali Sentiong. Semoga dengan dipasangya jaring mampu memberikan dampak nyata dan dapat menyukseskan Asian Games 2018. (rmol)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini