Bupati Aceh Tengah : Saat Buka Pelatihan Wirausaha Bagi Pemuda, Pemuda Harus Jeli Manfaatkan Peluang

Aceh Tengah, indometro.id - 

Diikuti setidaknya 40 Orang pemuda dari OKP dan LSM, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menggelar Pelatihan Wirausaha Bagi Pemuda, bertajuk "Pemuda Maju Pemuda Berwirausaha".

Dibuka secara resmi oleh Bupati Aceh Tengah  Drs Shabela Abubakar, mengambil tempat di Cafe Lagalaska Kampung One-One Takengon, pada Rabu (20/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi dan mendukung terselenggaranya kegiatan ini, karena merupakan kegiatan yang positif membangkitkan semangat berwirausaha terutama bagi kalangan pemuda di Aceh Tengah. 

Kami harapkan agar semua peserta pelatihan dapat mengikuti proses belajar dan menyimak dengan baik sampai selesai, apa saja yang disampaikan oleh pemateri atau para narasumber sehingga memperoleh pengetahuan yang memadai bagaimana berusaha atau mendapat pengetahuan bagaimana menjalankan usahanya. 

Pengetahuan yang didapatkan para peserta agar dapat dimanfaatkan sebagai bekal mengatur usahanya sehingga nantinya dapat bersaing di tengah globalisasi bahkan dapat mengembangkan usaha ke dalam skala usaha yang lebih besar yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat, tuturnya.

Selanjutnya, bertepatan juga dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93, pada 28 Oktober mendatang, kami menilai kegiatan yang mensasar Generasi Muda seperti ini harus lebih sering dilaksanakan. 

"Karena di Negara-negara maju, pelatihan Kewirausahaan itensitasnya lebih tinggi , karena dengan adanya perkembangan pada sektor wirausaha menjadi salah satu barometer kemajuan di suatu Daerah", Terang Bupati Shabela. 

Secara Geografis Aceh Tengah diuntungkan menjadi daerah yang berpeluang besar untuk mengembangkan usaha, baik pada sektor wisata dengan usaha perhotelan, kuliner, pengelolaan destinasi wisata, perkebunan, pertanian dan pengolahan Kopi sebagai komoditi unggulan dapat dikembangkan sebagai bisnis yang menjanjikan.

"Mencermati faktor tersebut, jika Kita jeli, dan terus bersyukur serta mau memulai dan menjalankan usaha, tentunya akan memberikan jaminan menghasilkan nilai tambah yang besar dimasa yang akan datang", Tegas Bupati Aceh Tengah.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Kadispora Aceh Tengah Zunfan Diara ST, dalam laporannya menyampaikan, pelatihan penguatan kewirausahaan bagi pemuda ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai tanggal 20 – 21 Oktober 2021, dengan peserta pelatihan kewirausahaan sebanyak 40 orang dari OKP dan LSM se Kabupaten Aceh Tengah, berusia 16 sampai dengan 30 tahun.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk memberikan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan kepada wirausahawan muda untuk meningkatkan kemandirian, kapasitas, kompetensi, profesionalitas, dan daya saing wirausaha muda,serta berkembangnya wirausaha muda yang ada di Aceh Tengah. 

Materi yang akan diberikan pada pelatihan ini adalah membangun integritas pemuda melalui kewirausahaan dan permasalahan kaum muda, teknik dan trik memulai wirausaha, kiat-kiat promosi dan pemasaran, permodalan, cara produksi panganan yang baik, menghitung dan menentukan harga dan jumlah produksi, revolusi mental pemuda dalam berwirausaha, dan managemen kewirausahaan.

Dengan menghadirkan para Narasumber, diantaranya, T. Nasrullah selaku Pimpinan Cabang Bank Aceh Syariyah Takengon, Edy Gunawan, SE selaku Pengusaha Muda, Muchlis Gayo, S.H, M.Si dari Pengusaha Perhotelan, Rafiyandi, S.Pd. perwakilan Pengusaha dan Pengelola Koperasi Kopi, Pimpinan Gegarang CafĂ© dari sektor Kuliner dan T.Alaidinsyah, SE, MM. selaku Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kabupaten Aceh Tengah. 

Baca Juga :

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama