Ticker

6/recent/Ticker-posts

Wabup dan Kakankemenag Aceh Utara Hadiri Pembukaan Program Kampoeng Al-Qur’an

Berfoto bersama Wabup dan Kasi Pendidikan Madrasah, Kankemenag Kabupaten  Aceh Utara Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA saat menghadiri pembukaan program Kampoeng Al-Qur’an   


Kabupaten Aceh Utara, Indometro.id. Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf dan Kepala Kantor Kemenag Aceh Utara, H Salamina, MA yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Hamdani A. Jalil, MA menghadiri acara Pembukaan Program Kampoeng Al-Qur’an Tahun 2021 yang dipusatkan di Masjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli, Minggu (18/4).

Ketua Panitia, Tgk. Hafidz Alfansuri, S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta se Kecamatan Matangkuli, dengan beberapa program pengajaran di antaranya, Tahfidzul Qur'an, Tahsin Al-Qur'an, dan Belajar Bahasa Arab, yang diasuh langsung oleh guru-guru yang berpengalaman dan profesional seperti dari  Univertas Al Azhar Kairo Mesir, Universitas Madinah Arab Saudi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ma'had 'Aly Babussalam, dan dari Lembaga-lembaga Tahfidz lainnya, terang Tgk. Hafidz.

Dikatakan, kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara IPELMA (Ikatan Pelajar Mahasiswa Matangkuli) dengan IRMAI (Ikatan Remaja Masjid Al-Khalifah Ibrahim) Matangkuli.

“Tidak itu saja, juga dukungan dari Imam Besar Masjid Al-Khalifah Ibrahim, tokoh masyarakat dan para donatur, baik yang ada di Matangkuli maupun dari luar Matangkuli”, sebut Ketua Panitia dalam laporannya.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf saat membuka kegiatan ini mengatakan, Pemerintah Aceh Utara menyambut baik dengan rasa gembira dan senang hati kegiatan Program Kampoeng Al-Qur'an ini. Menurutnya, kegiatan ini terlaksana karena adanya kekompakan serta kerjasama tokoh masyarakat, baik tokoh-tokoh tua (senior) maupun tokoh-tokoh generasi muda.

"Semoga kegiatan ini berlangsung lancar dan para peserta akan menjadi generasi Qur'ani di masa yang akan datang serta hal seperti Ini perlu ditiru oleh kecamatan lain di Aceh Utara”, harap Wabup.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah, H. Hamdani A Jalil  yang mewakili Kakankemenag Aceh Utara, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang mendalam kepada IPELMA dan IRMAI yang telah menggagas kegiatan yang mulia dan luar biasa ini.

Ucapan yang senada juga disampaikan Hamdani kepada tokoh masyarakat Matangkuli dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini. 

"Semoga anak-anak kita sebagai peserta yang berlmulazamah dengan Al-Qur'an ini akan menjadi generasi yang memahami dan mencintai Al-Qur'an serta kelak menjadi generasi Islam yang shaleh dan shalehah”, ujarnya.

Turut hadir dalam acara ini antara lain, Camat Matangkuli, Edward, BA dan unsur Muspika setempat, Kepala Sekretariat MPU Aceh yang juga Penasehat IPELMA Banda Aceh, H. Murni, SE, MM, Ketua IPELMA Taufik Rifqi Ismail, S.Pd.I, Imum Masjid Besar Al-Khalifah Ibrahim Matangkuli, Abu Raja, Ketua PCNU Aceh Utara, Tgk. H. M. Yusuf Mahmud, Ketua TASTAFI Aceh Utara, Tgk. T. Zulfadli, Pimpinan Ma'had 'Aly Babussalam, Waled H. Sirajuddin Hanafi, Kepala KUA Matangkuli, Ustadz Helmi, S.Ag, para Alim Ulama, Pimpinanan Dayah/Balai Pengajian, Wali Santri dan para Santri serta tamu undangan lainnya. 

Yoes/Mhd

Artikel Terkait