-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Dukung Kebaya Goes To UNESCO, Pemkab Indramayu Gelar Lomba Senam Berkebaya

    Kamis, 11 Agustus 2022, Agustus 11, 2022 WIB Last Updated 2022-08-11T12:41:16Z

    Ads:



     INDRAMAYU, indometro.Id – Kemeriahan tampak terlihat di pendopo Kabupaten Indramayu pada Rabu, 9/8/2022. Ratusan ibu-ibu dan remaja putri tampak memenuhi halaman kantor Dinas Bupati Indramayu ini.


    Ibu-ibu dan remaja putri yang hadir semuanya mengenakan kebaya. Bukan untuk melaksanakan seremonial atau menghadiri undangan pernikahan, ternyata mereka berkumpul untuk mengikuti Gebyar Lomba Senam Berkebaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.


    Keseruan tentu saja terjadi mewarnai jalannya lomba. Senam yang biasanya dilakukan dengan mengenakan pakaian khusus olahraga, kini diganti dengan kebaya. 


    Namun kebaya bukan menjadi kendala. Terbukti para peserta lomba masih tetap dapat melakukan gerakan senam dengan baik meski mengenakan kebaya.


    Antusias ibu-ibu untuk mengikuti Gebyar Lomba Senam Berkebaya ini memang tinggi. Terbukti sejumlah 59 tim dengan personil masing-masing tim 9 orang tercatat sebagai peserta. Mereka berasal dari ibu-ibu Dharma Wanita Perangkat Daerah, Tim Penggerak PKK Kecamatan dan juga utusan Bhayangkari.


    Gebyar Lomba Senam Berkebaya yang diselenggarakan Pemkab Indramayu ini sengaja digagas untuk mendukung upaya pemerintah pusat mendaftarkan Kebaya sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asal Indonesia kepada UNESCO. 


    Sebelumnya, Batik telah diakui dan ditetapkan UNESCO sebagai WBTB asal Indonesia pada tahun 2009.


    WBTB atau Intangible Culture Heritage  adalah praktik, representasi, ekspresi, pengetahuan, atau keterampilan, serta instrumen, objek, artefak, dan ruang budaya yang dianggap oleh UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya suatu tempat.


    Ikuti hingga selesai


    Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang membuka secara langsung Gebyar Lomba Senam Berkebaya ini tampak semangat menyaksikan jalannya lomba hingga selesai. Tidak tanggung-tanggung. Bupati Nina Agustina bahkan hadir dari pagi hingga pengumuman pemenang lomba pada petang hari.


    Bupati Nina Agustina mengatakan, Gebyar Lomba Senam Berkebaya yang diselenggarakan Pemkab Indramayu ini merupakan wujud nyata dukungan penuh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Indramayu kepada pemerintah yang tengah mendaftarkan kebaya sebagai WBTB asal Indonesia kepada UNESCO. 


    "Mari kita mencintai dan bangga mengenakan kebaya sehari-hari mulai sekarang dari Sabang sampai Merauke," kata Bupati Nina kepada seluruh ibu-ibu yang hadir.


    Masih menurut Bupati Nina, dirinya gembira mengetahui kebaya nasional yang dikenakan beberapa peserta lomba senam dipadupadankan dengan batik khas Indramayu. Tentunya ini merupakan perpaduan yang cantik dan serasi.


    "Padupadan kebaya dan batik khas Indramayu menjadikan kebaya semakin cantik untuk dikenakan. Ini bukti bahwa kebaya layak disebut warisan budaya tak benda," ungkapnya.


    Berbagai gerakan senam dipertontonkan para peserta. Salah satu keseruan terjadi ketika peserta melakukan gerak senam siCita (senam Cinta Tanah Air). Senam siCita sendiri adalah karya Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri. 


    Gerakan senam lainnya yang ditampilkan peserta adalah senam Sekoper Cinta milik masyarakat Jawa Barat besutan istri Gubernur Ridwan Kamil, Atalia Praratya. Tidak lupa ada juga Senam Indramayu Bermartabat yang merupakan gagasan Bupati Indramayu Nina Agustina. Disusul dengan senam kesegaran jasmani yang juga menjadi hits.


    Dari penampilan 59 tim, juri menetapkan pemenang untuk lomba senam ini dalam beberapa kategori. Untuk kategori TP PKK Kecamatan, juara pertama diraih Kecamatan Cantigi, disusul Kecamatan Tukdana, dan Kecamatan Gabuswetan. Sedangkan juara harapan 1 diraih Kecamatan Sindang dan juara harapan 2 diraih Kecamatan Anjatan.


    Untuk kategori Dharma Wanita Perangkat Daerah dan Organisasi lainnya, juara 1 diperoleh tim Bhayangkari, juara 2 tim Inspektorat, dan juara 3 tim Diskimrum, dengan juara harapan 1 dan 2 diperoleh Tim Bappeda dan Tim PDAM.


    Sementara Juara Busana Terbaik diraih Tim Bhayangkari, dan Juara Favorit diraih Tim Satpol PP- Damkar Kabupaten Indramayu. 


    (Heri) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini